Ini Dia 5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar, Bikin Mobil Anda Semakin Prima!

Salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan adalah aki mobil. Aki berfungsi sebagai sumber tenaga untuk menyalakan mesin mobil dan juga sebagai penyimpan energi listrik. Agar aki mobil bisa bekerja optimal, maka proses pemasangan aki harus dilakukan dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah cara pasang aki mobil yang benar:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memasang aki mobil, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, antara lain:

  • Aki Mobil Baru
  • Sepasang Kunci Ring
  • Sikat Besi Kecil
  • Sikat Plastik
  • Pasta Anti Karat atau Grease
  • Cairan Pembersih Aki atau Baking Soda
  • Air Bersih

2. Matikan Mesin dan Alat Listrik

Langkah pertama sebelum memasang aki mobil adalah pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan cabut kunci kontak. Pastikan juga semua alat listrik di dalam mobil dalam keadaan mati untuk menghindari korsleting yang berpotensi merusak komponen mesin.

3. Lepaskan Aki Lama

Setelah memastikan semua dalam keadaan mati, langkah berikutnya adalah melepaskan aki lama dari tempatnya di dalam mobil. Gunakan kunci ring untuk melepaskan terminal positif dan negatif aki lama. Pastikan untuk melepas terminal negatif terlebih dahulu sebelum terminal positif.

4. Bersihkan Terminal Aki

Setelah melepas aki lama, gunakan sikat besi kecil dan sikat plastik untuk membersihkan terminal aki yang biasanya penuh dengan kotoran dan karat. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih aki atau campuran baking soda dan air bersih untuk membersihkan terminal aki secara menyeluruh.

5. Pasang Aki Baru

Setelah membersihkan terminal aki, sekarang saatnya memasang aki baru. Letakkan aki baru di tempatnya dengan posisi yang benar. Hubungkan terminal positif aki dengan terminal positif mobil menggunakan kunci ring, pastikan kencangkan dengan kuat namun jangan terlalu berlebihan. Lakukan hal yang sama untuk terminal negatif.

6. Periksa Kembali Pemasangan

Setelah aki terpasang dengan benar, pastikan untuk memeriksa kembali semua koneksi dan pastikan semuanya terhubung dengan baik. Pastikan juga tidak ada kendor atau konslet yang bisa menyebabkan masalah pada saat mobil dinyalakan kembali.

7. Nyalakan Mesin dan Uji Aki

Setelah semua sudah dipasang dengan benar, nyalakan mesin mobil dan periksa apakah aki berfungsi dengan baik. Pastikan lampu-lampu indikator di dashboard menyala normal dan tidak ada suara aneh yang keluar dari mesin mobil. Uji juga sistem kelistrikan lainnya seperti kaca mobil dan AC untuk memastikan aki berfungsi dengan baik.

8. Perawatan Rutin

Setelah memasang aki baru, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin aki agar umur pakainya lebih panjang. Cek secara berkala kondisi aki dan pastikan tidak ada karat atau kotoran yang menempel. Pastikan juga koneksi terminal aki tetap kencang dan bersih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasang aki mobil dengan benar dan aman. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera di manual kendaraan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button