Ini Dia 5 Cara Jitu Mengatasi Hp Kemasukan Air dengan Baterai Tanam!

Memiliki smartphone yang tahan air tentu menjadi suatu keuntungan, namun terkadang kecelakaan tetap bisa terjadi. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah jika hp kemasukan air, terutama bagi smartphone dengan baterai tanam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan komponen lainnya di dalam hp. Untuk itu, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hp yang kemasukan air dengan baterai tanam.

1. Matikan Hp Secara Cepat

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah hp terkena air adalah mematikannya secepat mungkin. Matikan hp dengan menekan tombol power secara tahan hingga hp benar-benar mati. Hal ini dapat mencegah terjadinya korsleting dan kerusakan lebih lanjut pada komponen hp.

2. Bersihkan Hp dengan Lap Kering

Setelah memastikan hp dalam keadaan mati, segera bersihkan hp dari sisa air dengan menggunakan lap kering. Usap perlahan-lahan bagian luar hp dan pastikan tidak ada air yang tersisa di permukaan hp. Hindari menggunakan tisu basah atau handuk karena bisa meningkatkan risiko masuknya air ke dalam hp.

3. Jangan Nyalakan Hp Terlalu Sering

Jika sudah terlanjur menyalakan hp setelah kemasukan air, sebaiknya hindari menyalakannya terlalu sering. Usahakan untuk hanya menyalakan hp jika benar-benar diperlukan agar baterai tidak terlalu terbebani. Selain itu, hindari mengecas hp terlalu lama karena dapat menyebabkan overcharging dan kerusakan pada baterai.

4. Gunakan Rice atau Silica Gel

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hp kemasukan air adalah dengan menggunakan rice atau silica gel. Letakkan hp dalam wadah yang berisi rice atau silica gel dan biarkan selama minimal 24 jam. Rice atau silica gel dapat menyerap kelembaban yang ada di dalam hp dan membantu mengeringkannya.

5. Bawa ke Service Center

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas hp masih bermasalah, segera bawa hp ke service center terdekat. Tenaga profesional di service center akan membantu dalam proses perbaikan hp yang kemasukan air. Hindari mencoba membongkar hp sendiri karena bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

6. Hindari Penggunaan Hp di Tempat Berair

Untuk mencegah hp kemasukan air di masa depan, hindari penggunaan hp di tempat-tempat berair seperti dekat kolam renang, di kamar mandi, atau saat hujan turun. Selalu perhatikan kondisi sekitar sebelum menggunakan hp untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

7. Gunakan Casing Anti-Air

Investasikan dalam casing anti-air untuk melindungi hp dari cipratan air dan kelembapan. Casing anti-air biasanya terbuat dari bahan tahan air yang dapat melindungi hp dari kerusakan akibat air. Pilih casing yang sesuai dengan tipe smartphone Anda untuk perlindungan maksimal.

8. Periksa Kondisi Baterai Secara Berkala

Terakhir, pastikan untuk memeriksa kondisi baterai hp secara berkala. Jika hp sering terkena air, ada kemungkinan baterai akan terpengaruh dan memerlukan perhatian lebih. Perhatikan apakah baterai hp mengalami penurunan performa atau gejala lainnya yang mengindikasikan kerusakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi hp yang kemasukan air dengan baterai tanam. Selalu ingat untuk berhati-hati dalam menggunakan hp dan hindari situasi yang dapat membahayakan hp Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam merawat hp kesayangan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button