Blog

Ini Cara Cek Hp Samsung Bekas Agar Tidak Tertipu! Simak Triknya!

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan akan smartphone juga semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak orang yang mencari smartphone Samsung bekas sebagai pilihan alternatif untuk menghemat biaya. Namun, sebelum membeli smartphone Samsung bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah cara melakukan pengecekan kondisi smartphone tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips cara cek hp Samsung bekas yang dapat membantu Anda memilih smartphone bekas yang berkualitas.

1. Periksa Fisik dan Tampilan Luar

Fisik dan tampilan luar merupakan hal pertama yang perlu diperiksa saat membeli smartphone Samsung bekas. Pastikan tidak ada kerusakan pada layar, casing, tombol, serta port-port yang ada. Perhatikan juga apakah terdapat goresan atau retak pada layar, dan pastikan tidak ada bagian yang terkelupas atau rusak.

  1. Periksa kondisi fisik smartphone secara keseluruhan.
  2. Perhatikan apakah ada goresan atau retak pada layar.
  3. Periksa casing smartphone apakah ada bagian yang terkelupas atau rusak.
  4. Periksa tombol-tombol smartphone apakah masih berfungsi dengan baik.
  5. Perhatikan port-port yang ada apakah dalam kondisi baik atau tidak.

2. Cek Kelengkapan Smartphone

Setelah memeriksa fisik smartphone, langkah selanjutnya adalah memeriksa kelengkapan smartphone tersebut. Pastikan smartphone dilengkapi dengan semua aksesoris asli seperti charger, kabel data, headset, dan kartu garansi jika ada. Selain itu, pastikan juga semua fitur dan fungsi smartphone berjalan dengan baik.

  1. Periksa kelengkapan aksesoris smartphone.
  2. Pastikan semua fitur dan fungsi smartphone berjalan dengan baik.
  3. Periksa kartu garansi apakah masih berlaku atau tidak.

3. Periksa IMEI Smartphone

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi smartphone. Pastikan untuk memeriksa IMEI smartphone yang akan Anda beli untuk memastikan bahwa smartphone tersebut bukan barang curian. Anda dapat memeriksa IMEI smartphone dengan menekan *#06# pada smartphone Samsung bekas yang ingin Anda beli.

  1. Periksa IMEI smartphone dengan menekan *#06#.
  2. Pastikan IMEI yang tertera cocok dengan yang tertera di kemasan atau dokumen resmi smartphone.
  3. Periksa apakah smartphone tersebut dilaporkan sebagai barang curian atau tidak.

4. Cek Keadaan Baterai

Baterai merupakan komponen penting dalam smartphone. Pastikan untuk memeriksa keadaan baterai smartphone Samsung bekas yang ingin Anda beli. Periksa apakah baterai masih memiliki masa pakai yang baik dan tidak mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

  1. Periksa apakah baterai masih memiliki masa pakai yang baik.
  2. Periksa apakah baterai mengalami penurunan kinerja yang signifikan.
  3. Perhatikan apakah terdapat tanda-tanda baterai bocor atau menggelembung.

5. Lakukan Uji Fungsi Smartphone

Langkah terakhir adalah melakukan uji fungsi smartphone secara menyeluruh. Pastikan untuk memeriksa semua fitur dan fungsi smartphone seperti kamera, speaker, sensor, wifi, bluetooth, dan lain sebagainya. Pastikan semua fitur dan fungsi berjalan dengan baik tanpa ada masalah.

  1. Periksa semua fitur dan fungsi smartphone.
  2. Pastikan kamera berfungsi dengan baik.
  3. Periksa speaker apakah mengeluarkan suara dengan jelas.
  4. Uji sensor-sensor yang ada pada smartphone.

Dengan melakukan pengecekan secara teliti menggunakan cara cek hp Samsung bekas di atas, Anda dapat memastikan bahwa smartphone Samsung bekas yang akan Anda beli dalam kondisi yang baik dan layak pakai. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual mengenai riwayat pemakaian dan perawatan smartphone tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih smartphone Samsung bekas yang berkualitas.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button