Blog

Ingin Tahu Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus? Simak Tipsnya Disini!

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer saat ini. Namun, seringkali pengguna mengalami masalah ketika aplikasi Whatsapp mereka terhapus entah karena kesalahan pengguna atau gangguan teknis. Jika Anda mengalami hal serupa, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Menginstal Ulang Aplikasi Whatsapp

Jika aplikasi Whatsapp Anda terhapus, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menginstal ulang aplikasi tersebut dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Cari aplikasi Whatsapp di toko aplikasi dan instal kembali aplikasi tersebut.

2. Melakukan Pemulihan Data dari Backup

Jika setelah menginstal ulang aplikasi Whatsapp Anda menemukan bahwa semua riwayat pesan dan file yang disimpan di dalamnya hilang, Anda bisa mencoba untuk memulihkan data dari backup. Whatsapp secara otomatis melakukan backup data setiap hari pukul 2 pagi. Untuk memulihkan data dari backup, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Aplikasi Whatsapp
  • Pilih “Settings” atau “Pengaturan”
  • Pilih “Chats” atau “Obrolan”
  • Pilih “Chat Backup” atau “Cadangan Obrolan”
  • Pilih “Backup Now” atau “Cadangkan Sekarang”

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa memulihkan data Whatsapp Anda dari backup terbaru yang tersimpan di Google Drive untuk pengguna Android atau iCloud untuk pengguna iOS.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak dapat memulihkan data Whatsapp Anda dengan cara-cara di atas, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan data yang terhapus. Beberapa aplikasi yang dapat Anda coba adalah DiskDigger, Dr.Fone, atau GT Recovery.

Langkah-langkah penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan data Whatsapp biasanya cukup mudah. Anda cukup mengunduh aplikasi tersebut, lalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk memulihkan data Whatsapp Anda.

4. Memeriksa Folder Database di Ponsel

Jika Anda masih tidak dapat memulihkan data Whatsapp Anda setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda bisa memeriksa folder database di ponsel Anda. Beberapa ponsel memiliki folder khusus tempat menyimpan file database Whatsapp yang bisa dimanfaatkan untuk memulihkan data tersebut.

Untuk memeriksa folder database Whatsapp di ponsel Anda, gunakan aplikasi file manager atau file explorer untuk mencari folder dengan nama “WhatsApp”. Di dalam folder tersebut, biasanya terdapat file dengan ekstensi “.db.crypt” yang merupakan file database Whatsapp. Cobalah untuk mengembalikan file tersebut ke dalam aplikasi Whatsapp Anda.

5. Menghubungi Layanan Dukungan Whatsapp

Jika semua langkah di atas tidak berhasil dan Anda masih belum bisa mengembalikan data Whatsapp Anda, Anda bisa menghubungi langsung layanan dukungan Whatsapp. Mereka biasanya memiliki tim teknis yang siap membantu Anda menyelesaikan masalah terkait pengembalian data Whatsapp yang terhapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, semoga Anda bisa mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus dan mendapatkan kembali semua riwayat pesan dan file yang hilang. Selalu ingat untuk melakukan backup data secara berkala agar Anda dapat mengembalikan data dengan mudah jika terjadi masalah di masa depan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button