Ingin Lebih Produktif? Begini Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2!

Apa itu Membagi Layar Laptop Menjadi 2?

Membagi layar laptop menjadi 2 adalah teknik yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan dua program atau aplikasi secara bersamaan di layar yang sama. Dengan cara ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan multitasking tanpa perlu terus-menerus menggeser antara jendela program. Teknik ini sangat berguna bagi orang-orang yang sering bekerja dengan beberapa program atau aplikasi secara bersamaan.

Kenapa Anda Perlu Membagi Layar Laptop Menjadi 2?

Membagi layar laptop menjadi 2 memberikan banyak keuntungan. Pertama, Anda dapat meningkatkan produktivitas dengan melakukan multitasking secara efisien. Kedua, Anda dapat dengan mudah membandingkan data atau informasi antara dua program atau aplikasi sekaligus. Ketiga, Anda dapat menghemat waktu dengan tidak perlu terus-menerus menggeser antara jendela program. Dengan demikian, membagi layar laptop menjadi 2 adalah cara yang efektif untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 dengan Windows 10

1. Gunakan Fitur Snap Assist

Fitur Snap Assist pada Windows 10 memungkinkan Anda untuk dengan mudah membagi layar menjadi dua bagian. Caranya sangat mudah, cukup klik dan geser jendela program ke sisi layar yang ingin Anda gunakan. Windows 10 akan secara otomatis menampilkan opsi program lain yang bisa Anda pilih untuk menampilkan di sisi layar yang kosong.

2. Gunakan Keyboard Shortcuts

Anda juga dapat menggunakan keyboard shortcuts untuk membagi layar menjadi dua. Tekan tombol Windows + panah kiri untuk memindahkan jendela program ke sisi kiri layar dan tombol Windows + panah kanan untuk memindahkannya ke sisi kanan layar. Dengan menggunakan keyboard shortcuts, Anda dapat dengan cepat mengatur layar laptop Anda tanpa perlu menggunakan mouse.

3. Menggunakan Fitur Virtual Desktop

Fitur Virtual Desktop juga dapat memudahkan Anda dalam membagi layar laptop menjadi 2. Anda dapat membuat desktop virtual baru dengan menekan tombol Windows + Tab, kemudian seret program yang ingin Anda tampilkan ke desktop virtual yang baru. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengatur program atau aplikasi sesuai kebutuhan Anda.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 dengan MacOS

1. Gunakan Mission Control

Mission Control adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengelola jendela program dengan mudah. Untuk membagi layar menjadi dua, cukup klik dan tahan tombol hijau (maximize) pada jendela program yang ingin Anda bagi, lalu seret ke salah satu sisi layar. Anda akan melihat adanya pilihan untuk menempatkan jendela program tersebut di sisi layar lainnya.

2. Menggunakan Split View

Fitur Split View pada MacOS memungkinkan Anda untuk secara otomatis membagi layar menjadi dua bagian dengan proporsi yang sama. Caranya sangat mudah, cukup klik dan tahan tombol hijau (maximize) pada jendela program yang ingin Anda bagi, kemudian pilih opsi “Enter Full Screen” atau “Tile Window to Left” atau “Tile Window to Right”. Dengan Split View, Anda dapat dengan mudah mengatur layar laptop Anda tanpa perlu repot.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan MacOS, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Magnet, Spectacle, atau BetterSnapTool untuk membagi layar laptop menjadi 2. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur tambahan seperti shortcut keyboard, penyesuaian ukuran jendela, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Membagi layar laptop menjadi 2 adalah cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja Anda. Dengan menggunakan fitur bawaan sistem operasi atau aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah melakukan multitasking dan membandingkan data antara dua program atau aplikasi secara bersamaan. Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode yang telah dijelaskan di atas dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam meningkatkan kinerja kerja Anda. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button