Ingin Diterima Kerja? Ikuti Cara Membuat CV yang Menarik!

Curriculum Vitae (CV) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh seseorang yang sedang mencari pekerjaan. CV adalah gambaran singkat tentang diri Anda, termasuk riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi. Dengan memiliki CV yang baik, Anda dapat meningkatkan peluang untuk diterima bekerja di perusahaan impian Anda. Berikut ini adalah panduan lengkap cara membuat CV yang menarik dan profesional.

1. Pilih Format CV yang Sesuai

Langkah pertama dalam membuat CV adalah memilih format yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Beberapa format CV yang umum digunakan antara lain:

  • Chronological CV: Mengutamakan kronologi dari pengalaman kerja, dimulai dari yang terbaru hingga yang terlama.
  • Functional CV: Menekankan pada keterampilan dan pencapaian, lebih cocok untuk mereka yang memiliki pengalaman kerja yang terbatas.
  • Combination CV: Gabungan antara chronological dan functional CV, menampilkan kronologi pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan.

2. Data Pribadi

Bagian pertama dalam CV adalah data pribadi Anda. Pastikan untuk mencantumkan informasi yang relevan seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif. Selain itu, tambahkan juga tautan pada profil media sosial profesional Anda seperti LinkedIn (jika ada).

3. Pernyataan Profil (Profile Statement)

Bagian ini merupakan ringkasan singkat tentang diri Anda, termasuk pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pernyataan profil yang baik dapat menarik perhatian pembaca CV dan membuat Anda lebih standout.

4. Riwayat Pendidikan

Di bagian ini, cantumkan detail tentang pendidikan Anda mulai dari pendidikan terakhir yang Anda tempuh. Tulis nama institusi, jurusan, tanggal mulai dan selesai, serta pencapaian akademis yang signifikan seperti IPK tinggi atau penghargaan akademis.

5. Pengalaman Kerja

Untuk bagian pengalaman kerja, urutkan secara kronologis pengalaman kerja yang pernah Anda miliki. Cantumkan nama perusahaan, posisi yang dijabat, tanggal mulai dan selesai, serta tanggung jawab dan pencapaian selama bekerja di perusahaan tersebut.

6. Keterampilan (Skills)

Di bagian keterampilan, sebutkan keterampilan yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Keterampilan dapat berupa keterampilan teknis (seperti Microsoft Office, programming) maupun keterampilan lunak (seperti komunikasi, kepemimpinan).

7. Kegiatan Ekstrakurikuler dan Pengalaman Organisasi

Tambahan informasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler dan pengalaman organisasi dapat memberikan gambaran tambahan tentang kepribadian dan keterampilan Anda di luar lingkup pekerjaan. Cantumkan pengalaman menjadi pengurus organisasi atau kegiatan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

8. Referensi

Terakhir, cantumkan referensi dari orang-orang yang bisa memberikan testimoni tentang kinerja Anda. Pastikan untuk menghubungi terlebih dahulu orang-orang ini untuk meminta izin serta memastikan bahwa mereka bersedia memberikan referensi kepada calon majikan Anda.

9. Desain CV

Selain konten, desain CV juga memainkan peran penting dalam menciptakan kesan profesional. Pastikan untuk menggunakan font dan ukuran yang mudah dibaca, hindari warna yang terlalu mencolok, dan jangan lupa untuk menyelaraskan teks secara rapi sehingga CV Anda terlihat rapi dan menarik.

10. Periksa dan Perbaiki

Sebelum mengirimkan CV, pastikan untuk memeriksanya dengan teliti. Periksa tata bahasa, pastikan informasi yang Anda cantumkan sudah lengkap dan akurat, serta pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Anda juga dapat meminta bantuan dari teman atau profesional dalam memeriksa CV Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat CV yang menarik dan profesional yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan impian Anda. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button