7 Trik Mudah Menggambar Orang untuk Anak TK: Hasilnya Bikin Wow!

Menggambar adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak, termasuk anak TK. Melalui kegiatan menggambar, anak dapat melatih motorik halusnya, mengembangkan imajinasi, serta mengekspresikan diri. Salah satu objek yang sering digambar oleh anak TK adalah orang. Berikut ini adalah cara menggambar orang yang mudah dan sederhana untuk anak TK.

1. Menggambar Bentuk Dasar

Bahan yang dibutuhkan: kertas, pensil, dan penghapus.

Langkah pertama dalam menggambar orang untuk anak TK adalah dengan menggambar bentuk dasar terlebih dahulu. Mintalah anak untuk menggambar lingkaran sebagai kepala, garis lurus sebagai badan, dan garis lengkung sebagai tangan dan kaki. Pastikan anak menggunakan pensil agar bisa menghapus jika ada kesalahan.

  • Buatlah lingkaran di tengah kertas sebagai kepala.
  • Gambarlah garis lurus di bawah kepala sebagai badan.
  • Tambahkan garis lengkung di samping badan sebagai tangan dan kaki.

Dengan menggambar bentuk dasar ini, anak akan belajar mengenal bagian-bagian tubuh manusia secara visual dan mengembangkan koordinasi mata dan tangan.

2. Menambahkan Detail Wajah

Bahan yang dibutuhkan: pensil warna dan spidol.

Setelah menggambar bentuk dasar, langkah berikutnya adalah menambahkan detail wajah. Ajari anak untuk menggambar mata, hidung, dan mulut di dalam lingkaran sebagai kepala. Anak juga bisa menambahkan telinga, rambut, dan topi sesuai dengan imajinasinya.

  • Gambarlah dua lingkaran kecil di atas garis kepala sebagai mata.
  • Gambar garis lengkung di bawah mata sebagai hidung.
  • Tambahkan garis lengkung di bawah hidung sebagai mulut.

Anak dapat menggunakan pensil warna untuk mengwarnai detail wajah dan spidol untuk membuatnya lebih menarik. Dengan menambahkan detail wajah, anak akan belajar mengenali ekspresi wajah dan memahami pentingnya ekspresi dalam berkomunikasi.

3. Menggambar Pakaian dan Aksesoris

Bahan yang dibutuhkan: pensil, pensil warna, dan spidol.

Untuk membuat gambar orang lebih menarik, ajari anak untuk menggambar pakaian dan aksesoris. Anak dapat menggambar baju, celana, sepatu, topi, dan lainnya sesuai dengan imajinasinya. Anak juga dapat menghias pakaian dan aksesoris dengan pola atau warna-warni.

  • Gambarlah garis lurus di bawah garis badan sebagai pakaian.
  • Tambahkan garis lengkung di bawah pakaian sebagai celana atau rok.
  • Gambarlah bentuk sepatu di bawah garis kaki.

Anak dapat menggunakan pensil warna untuk mewarnai pakaian dan aksesoris sesuai dengan selera dan kreativitasnya. Dengan menggambar pakaian dan aksesoris, anak akan belajar mengenali berbagai macam pakaian dan aksesoris serta mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

4. Menggambar Latar Belakang

Bahan yang dibutuhkan: pensil, pensil warna, spidol, dan crayon.

Untuk membuat gambar orang lebih hidup, ajari anak untuk menggambar latar belakang. Anak dapat menggambar langit, rumah, pohon, dan lainnya sebagai latar belakang gambar orang. Anak juga dapat menggunakan crayon untuk memberikan sentuhan warna pada latar belakang.

  • Gambarlah garis lengkung di atas kepala sebagai langit.
  • Tambahkan garis tegak di samping badan sebagai pohon.
  • Gambarlah bangunan di belakang orang sebagai rumah.

Anak dapat menggunakan pensil warna untuk mewarnai latar belakang dan crayon untuk memberikan efek tekstur pada gambar. Dengan menggambar latar belakang, anak akan belajar mengenali berbagai macam objek di sekitar mereka dan mengembangkan imajinasi spasial mereka.

5. Menggambar Orang Dalam Berbagai Posisi

Bahan yang dibutuhkan: pensil, pensil warna, spidol, dan crayon.

Untuk melatih keberagaman dalam menggambar, ajari anak untuk menggambar orang dalam berbagai posisi. Anak dapat menggambar orang berdiri, duduk, berlari, menari, dan lainnya. Ajari anak untuk menggambar gerakan tubuh dan ekspresi wajah yang sesuai dengan posisi yang digambar.

  • Gambarlah orang dengan kedua tangan di samping tubuh sedang berdiri.
  • Gambarlah orang dengan salah satu kaki ditekuk sedang duduk.
  • Gambarlah orang dengan kedua tangan di udara sedang menari.

Anak dapat menggunakan pensil warna untuk memberikan detail pada tubuh dan ekspresi wajah orang yang digambar. Dengan menggambar orang dalam berbagai posisi, anak akan belajar mengenali gerakan tubuh dan ekspresi wajah dalam konteks yang berbeda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anak TK dapat belajar cara menggambar orang dengan mudah dan sederhana. Selain itu, kegiatan menggambar ini juga dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan motorik halus anak. Selamat mencoba dan selamat menggambar!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button