Blog

7 Cara Mudah Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita!

Instagram merupakan platform media sosial yang populer di kalangan masyarakat saat ini. Namun, terkadang pengguna merasa khawatir jika akun Instagram mereka diakses dari perangkat yang tidak dikenal. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara untuk melihat perangkat mana saja yang terhubung dengan akun Instagram mereka.
Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita.

1. Periksa Aktivitas Login

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui perangkat yang login Instagram Anda adalah dengan memeriksa aktivitas login. Aktivitas login akan menampilkan daftar perangkat yang pernah mengakses akun Instagram Anda beserta lokasi dan waktu loginnya. Untuk melihatnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Pergi ke akun Anda.
  3. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Settings”.
  4. Pilih “Keamanan” atau “Security”.
  5. Pilih “Aktivitas Login” atau “Login Activity”.

Di sini, Anda dapat melihat daftar perangkat yang pernah login ke akun Instagram Anda. Jika ada perangkat yang tidak Anda kenali, segera lakukan langkah-langkah pengamanan selanjutnya.

2. Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Salah satu cara efektif untuk melindungi akun Instagram Anda dari akses yang tidak sah adalah dengan mengganti kata sandi secara berkala. Dengan mengganti kata sandi secara rutin, Anda dapat memastikan keamanan akun Instagram Anda tetap terjaga.
Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti kata sandi Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Pergi ke akun Anda.
  3. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Settings”.
  4. Pilih “Keamanan” atau “Security”.
  5. Pilih “Kata Sandi” atau “Password” dan ikuti petunjuk untuk menggantinya.

Setelah mengganti kata sandi, pastikan untuk tidak membagikan informasi kata sandi kepada siapapun untuk menjaga keamanan akun Anda.

3. Gunakan Fitur Otentikasi Dua Langkah

Selain mengganti kata sandi secara rutin, Anda juga dapat meningkatkan keamanan akun Instagram Anda dengan menggunakan fitur otentikasi dua langkah. Fitur ini akan meminta Anda untuk memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi otentikasi setiap kali Anda login ke akun Instagram dari perangkat baru.
Untuk mengaktifkan fitur otentikasi dua langkah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Pergi ke akun Anda.
  3. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Settings”.
  4. Pilih “Keamanan” atau “Security”.
  5. Pilih “Otentikasi Dua Langkah” atau “Two-Factor Authentication” dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkannya.

Dengan menggunakan fitur otentikasi dua langkah, Anda dapat lebih memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses akun Instagram Anda.

4. Hapus Akses Perangkat yang Tidak Dikenal

Jika Anda menemukan perangkat yang tidak diketahui dalam daftar aktivitas login Instagram Anda, segera hapus akses perangkat tersebut. Dengan cara ini, Anda dapat melindungi akun Instagram Anda dari potensi penyalahgunaan.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus akses perangkat yang tidak dikenal:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Pergi ke akun Anda.
  3. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Settings”.
  4. Pilih “Keamanan” atau “Security”.
  5. Pilih “Aktivitas Login” atau “Login Activity”.
  6. Pilih perangkat yang tidak dikenal dan pilih opsi “Keluar” atau “Log Out”.

Dengan menghapus akses perangkat yang tidak dikenal, Anda dapat meningkatkan keamanan akun Instagram Anda dan mencegah akses yang tidak sah.

5. Waspadai Phishing atau Serangan Malware

Saat menggunakan Instagram, Anda juga perlu waspada terhadap upaya phishing atau serangan malware yang dapat mengancam keamanan akun Anda. Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau kata sandi kepada pihak yang tidak terpercaya. Selalu periksa URL yang Anda kunjungi dan pastikan Anda menggunakan perangkat yang aman dan terlindungi.
Jika Anda mencurigai adanya upaya phishing atau serangan malware, segera laporkan ke pihak Instagram dan hindari interaksi lebih lanjut.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat lebih mudah mengetahui perangkat mana saja yang login ke akun Instagram Anda dan melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah. Jaga keamanan akun Instagram Anda dengan baik agar dapat tetap menikmati pengalaman menggunakan media sosial yang aman dan nyaman.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button