7 Cara Ampuh Mengatasi Hp Disadap, Bikin Data Pribadi Aman!

1. Mengamankan Akses Fisik pada Hp

Mengunci Layar dengan Pola atau Password

Salah satu langkah yang paling dasar namun efektif dalam mengamankan hp dari disadap adalah dengan mengunci layar menggunakan pola atau password. Pastikan pola atau password yang digunakan sulit ditebak agar tidak mudah diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Gunakan Fitur Fingerprint atau Face ID

Jika hp Anda dilengkapi dengan fitur fingerprint atau face ID, sebaiknya aktifkan fitur ini untuk mengamankan akses ke hp Anda. Fitur ini lebih aman karena hanya dapat diakses menggunakan sidik jari atau wajah pemilik hp.

2. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Perbarui Sistem Operasi Secara Berkala

Selalu pastikan sistem operasi hp Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Update sistem operasi tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga memperbaiki kerentanan keamanan yang ada pada versi sebelumnya.

Perbarui Aplikasi Secara Rutin

Perbarui juga aplikasi-aplikasi yang terinstall di hp Anda secara rutin. Developer aplikasi biasanya juga mengeluarkan update untuk menyempurnakan fitur dan juga memperbaiki celah keamanan yang mungkin ada pada versi sebelumnya.

3. Aktifkan Fitur Keamanan Remote

Aktifkan Fitur Find My Device

Jika hp Anda hilang atau dicuri, fitur ini sangat berguna untuk melacak keberadaan hp Anda dan juga mengunci atau menghapus data di hp Anda secara remote. Pastikan fitur ini selalu aktif di hp Anda.

Aktifkan Fitur Menyeka Data Jarak Jauh

Jika Anda yakin hp Anda disadap dan tidak dapat dipulihkan, Anda juga bisa mengaktifkan fitur untuk menyeka data jarak jauh. Fitur ini akan menghapus semua data di hp Anda sehingga tidak jatuh ke tangan yang salah.

4. Hati-hati dalam Mengunduh Aplikasi

Unduh Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google Play Store atau App Store. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas karena bisa saja mengandung malware atau virus yang bisa membahayakan keamanan hp Anda.

Baca Ulasan Pengguna

Sebelum mengunduh aplikasi, sebaiknya baca ulasan dari pengguna lain terlebih dahulu. Ulasan pengguna bisa memberikan gambaran mengenai keamanan dan kualitas aplikasi yang ingin Anda unduh.

5. Gunakan Aplikasi Keamanan

Instal Aplikasi Anti-malware

Selain fitur keamanan bawaan hp, Anda juga bisa menginstal aplikasi anti-malware tambahan untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap ancaman malware dan virus yang bisa merusak keamanan hp Anda.

Aktifkan VPN

Gunakan aplikasi VPN untuk menjaga privasi dan keamanan data Anda saat menggunakan koneksi internet, terutama saat terhubung ke jaringan public atau Wi-Fi gratis yang rentan terhadap serangan hacker.

6. Hati-hati dengan Pesan dan Panggilan yang Mencurigakan

Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan

Jika Anda menerima pesan teks atau email dari sumber yang tidak dikenal dengan tautan yang mencurigakan, sebaiknya hindari untuk mengklik tautan tersebut. Tautan tersebut bisa mengarahkan Anda ke situs phishing yang mencuri informasi pribadi Anda.

Abaikan Panggilan yang Mencurigakan

Jika Anda menerima panggilan dari nomor yang mencurigakan yang meminta informasi pribadi atau mengancam Anda, sebaiknya abaikan panggilan tersebut. Jangan memberikan informasi pribadi Anda kepada pihak yang tidak dikenal.

7. Cek Aplikasi yang Memiliki Izin Akses yang Tidak Diperlukan

Revisi Izin Aplikasi

Secara berkala, periksa pengaturan izin aplikasi di hp Anda dan cek aplikasi mana saja yang memiliki akses yang tidak diperlukan. Matikan izin akses yang tidak perlu agar tidak ada aplikasi yang bisa mengakses data pribadi Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan hp Anda dan mengurangi risiko disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selalu waspada dan selalu update dengan perkembangan teknologi keamanan terkini untuk melindungi data pribadi Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button