6 Cara Pakai Sunscreen yang Harus Kamu Ketahui Sekarang Juga!

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit kita, termasuk menyebabkan penuaan dini, kanker kulit, dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya adalah langkah penting dalam perawatan kulit kita. Tapi, tahukah Anda bahwa tidak semua orang menggunakan sunscreen dengan benar? Berikut ini adalah cara pakai sunscreen yang benar untuk melindungi kulit Anda:

Pilih Jenis Sunscreen yang Tepat

Sebelum membahas cara pakai sunscreen, penting untuk memilih jenis sunscreen yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Ada dua jenis sunscreen yang umum digunakan, yaitu sunscreen fisik (physical sunscreen) dan sunscreen kimia (chemical sunscreen).

  1. Sunscreen fisik: Sunscreen ini bekerja dengan membentuk lapisan di atas kulit yang akan memantulkan sinar UV. Cocok untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi.
  2. Sunscreen kimia: Sunscreen ini bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas. Cocok untuk aktivitas di luar ruangan dan tidak meninggalkan bekas putih pada kulit.

Berapa SPF yang Diperlukan?

SPF (Sun Protection Factor) merupakan tingkat perlindungan sunscreen terhadap sinar UVB. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit Anda sehari-hari. Namun, untuk aktivitas di luar ruangan atau di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 50 atau lebih.

Langkah-langkah Cara Pakai Sunscreen yang Benar

  1. Bersihkan Kulit: Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan kulit Anda dalam keadaan bersih dan kering. Gunakan pembersih wajah dan toner secara rutin sebelum mengaplikasikan sunscreen.
  2. Gunakan Secukupnya: Tuangkan sunscreen secukupnya pada telapak tangan dan aplikasikan secara merata ke seluruh bagian wajah dan leher. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di area yang sering terlupakan seperti telinga, leher belakang, dan punggung tangan.
  3. Tap Tepuk: Setelah mengaplikasikan sunscreen, jangan langsung menggosok kulit Anda. Lebih baik, tepuk-tepuk perlahan agar sunscreen dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit.
  4. Gunakan Sebelum Beraktivitas: Gunakan sunscreen minimal 30 menit sebelum Anda terpapar sinar matahari. Ini akan memberikan waktu bagi sunscreen untuk menyerap ke dalam kulit sebelum bekerja melindungi kulit dari sinar UV.
  5. Gunakan Kembali: Jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 2-3 jam sekali, terutama jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan atau berkeringat.

Penutup

Menggunakan sunscreen dengan benar adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit kita. Dengan memilih jenis sunscreen yang tepat, menggunakan SPF yang sesuai, dan mengikuti langkah-langkah cara pakai sunscreen yang benar, kita dapat melindungi kulit kita dari efek buruk sinar matahari.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button