6 Cara Ampuh Mengatasi Gatal di Kemaluan karena Keputihan

Keputihan adalah masalah umum yang dialami oleh wanita. Salah satu gejala yang sering menyertainya adalah rasa gatal pada area kemaluan. Gatal tersebut dapat sangat mengganggu, membuat Anda tidak nyaman dan tidak bisa beraktivitas dengan baik. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal pada kemaluan akibat keputihan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Menjaga Kebersihan Area Kemaluan

Kebersihan area kemaluan sangat penting untuk mengurangi risiko keputihan dan mengatasi gatal yang muncul. Pastikan Anda rajin membersihkan area tersebut setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan air dan sabun yang lembut. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras karena dapat mengiritasi kulit dan memperparah gatal.

2. Menggunakan Pakaian Yang Longgar dan Berbahan Katun

Pakaian yang ketat dan berbahan sintetis dapat menyebabkan penumpukan kelembaban di area kemaluan, yang dapat memicu keputihan dan rasa gatal. Oleh karena itu, pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Hindari penggunaan celana dalam berbahan nilon atau spandex.

3. Hindari Penggunaan Sempadan dan Pembalut Harian Terlalu Lama

Penggunaan sempadan dan pembalut harian yang terlalu lama dapat menciptakan lingkungan lembab yang memungkinkan pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab keputihan. Gantilah sempadan atau pembalut harian setiap 4-6 jam sekali untuk menjaga kebersihannya.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk membantu mengurangi risiko keputihan dan mengatasi gatal pada kemaluan. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membersihkan racun yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

5. Menghindari Makanan Yang Mengandung Gula Berlebih

Gula berlebih dalam tubuh dapat menjadi sumber makanan bagi jamur yang menyebabkan keputihan. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang mengandung gula berlebih seperti kue, permen, minuman bersoda, dan lain sebagainya. Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan yang sehat dan kaya serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Konsultasikan dengan Dokter

Jika gatal pada kemaluan akibat keputihan tidak kunjung membaik setelah melakukan langkah-langkah di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sebenarnya dan memberikan pengobatan yang sesuai. Jangan malu atau takut untuk berkonsultasi karena kesehatan adalah hal yang sangat penting.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengatasi gatal pada kemaluan akibat keputihan dengan efektif. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan area kemaluan Anda untuk mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button