5 Rahasia Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik yang Wajib Kamu Tau!

CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen penting yang harus disiapkan oleh seseorang ketika akan melamar pekerjaan. CV berfungsi sebagai media untuk menunjukkan kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kepada calon employer. Oleh karena itu, penting bagi setiap pelamar kerja untuk dapat menyusun CV dengan baik dan benar.

1. Informasi Pribadi

Informasi pribadi merupakan bagian pertama yang harus ada dalam CV. Cantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi. Pastikan informasi pribadi yang dicantumkan adalah yang terbaru dan masih aktif.

2. Pernyataan Tujuan (Objective)

Pada bagian ini, tuliskan secara singkat tujuan Anda dalam melamar pekerjaan dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Pernyataan tujuan dapat memberikan gambaran kepada employer mengenai motivasi Anda dalam melamar pekerjaan.

3. Pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan Anda mulai dari pendidikan terakhir yang Anda tempuh. Jangan lupa untuk mencantumkan nama institusi, jurusan, tahun masuk dan lulus, serta capaian akademis yang Anda raih.

4. Pengalaman Kerja

Bagian ini mencakup pengalaman kerja yang pernah Anda miliki, baik sebagai magang maupun sebagai karyawan tetap. Jelaskan posisi, nama perusahaan, dan tanggung jawab Anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

5. Keterampilan (Skills)

Cantumkan keterampilan atau keahlian yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang dilamar. Misalnya, keterampilan dalam penggunaan software tertentu, kemampuan berbahasa, atau keterampilan teknis lainnya.

6. Kegiatan Ekstrakurikuler

Jika Anda pernah aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, sebaiknya cantumkan informasi mengenai kegiatan tersebut. Ini dapat menambah nilai tambah pada CV Anda.

7. Referensi

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan referensi atau orang yang dapat memberikan testimoni tentang Anda. Pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang Anda cantumkan sebagai referensi.

Demikianlah cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan menyusun CV secara rapi dan informatif, Anda akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semoga berhasil!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button