5 Langkah Mudah Membuat Google Form yang Praktis dan Efektif

Google Form adalah salah satu aplikasi dari Google yang biasanya digunakan untuk membuat survei, kuesioner, atau formulir online lainnya. Dengan Google Form, Anda dapat dengan mudah membuat, mengirim, dan menganalisis respons dari formulir yang telah dibuat. Berikut adalah langkah-langkah lengkap untuk membuat Google Form:

1. Akses Google Form

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses Google Form. Untuk melakukannya, buka browser Anda dan masuk ke akun Google Anda. Setelah masuk, buka Google Drive dan klik tombol “Buat” di pojok kiri atas. Pilih opsi “Bentuk” dan kemudian pilih “Google Form”.

2. Buat Pertanyaan

Setelah Anda membuat Google Form, langkah berikutnya adalah membuat pertanyaan untuk formulir yang ingin Anda buat. Klik pada kolom “Tambahkan pertanyaan” untuk mulai membuat pertanyaan. Anda dapat memilih berbagai jenis pertanyaan seperti pertanyaan pilihan ganda, isian singkat, paragraf, dan masih banyak lagi.

3. Atur Pertanyaan

Setelah menambahkan pertanyaan, Anda dapat mengatur pertanyaan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan pilihan jawaban untuk pertanyaan pilihan ganda, mengatur pertanyaan sebagai pertanyaan wajib diisi, atau mengatur pertanyaan menjadi pertanyaan yang berskala.

4. Tambahkan Logika

Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Google Form adalah kemampuan untuk menambahkan logika pada formulir Anda. Anda dapat menentukan pertanyaan mana yang muncul berdasarkan jawaban sebelumnya atau menyembunyikan pertanyaan tertentu berdasarkan respons yang diberikan.

5. Atur Tema

Anda juga dapat mengatur tema formulir sesuai dengan preferensi Anda. Pilih opsi “Temukan tema” untuk memilih templat yang telah disediakan oleh Google atau sesuaikan sendiri tema formulir Anda dengan mengubah warna latar belakang, mengganti font, dan menambahkan gambar header.

6. Bagikan Formulir

Setelah selesai membuat formulir, langkah terakhir adalah membagikannya dengan responden. Klik tombol “Bagikan” di pojok kanan atas untuk mendapatkan tautan formulir yang dapat Anda bagikan melalui email, media sosial, atau tempelkan di situs web Anda. Anda juga dapat menyematkan formulir langsung di halaman web.

7. Analisis Respons

Setelah formulir mulai dikirimkan kepada responden, Anda dapat melihat respons yang masuk secara real-time melalui tab “Respon”. Google Form akan otomatis membuat grafik dan ringkasan data dari respons yang diterima sehingga Anda dapat menganalisisnya dengan mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat Google Form dengan mudah dan cepat. Google Form merupakan alat yang sangat berguna untuk mengumpulkan informasi, pendapat, atau umpan balik dari orang lain secara online. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat Google Form untuk keperluan Anda sendiri!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button