5 Cara Membuat Resensi yang Menarik dan Mudah Dipahami

Apa itu Resensi?

Resensi merupakan sebuah tulisan atau ulasan yang menggambarkan dan menilai suatu karya baik itu berupa buku, film, musik, dan sebagainya. Resensi bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai karya tersebut serta memberikan pendapat atau analisis dari penulis resensi.

Dalam menulis resensi, seorang penulis harus mampu memberikan informasi yang mendalam tentang karya yang akan direview serta memberikan evaluasi yang objektif berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Langkah-langkah Membuat Resensi

  1. Pilih Karya yang Akan Direview
  2. Langkah pertama dalam membuat resensi adalah memilih karya yang akan direview. Pastikan karya yang dipilih sudah selesai Anda nikmati dan Anda pahami dengan baik.

  3. Mengidentifikasi Informasi Penting
  4. Sebelum menulis resensi, identifikasi informasi-informasi penting yang perlu disertakan dalam resensi Anda. Informasi-informasi tersebut antara lain adalah judul karya, penulis/ sutradara, penerbit/ produser, genre, dan lain sebagainya.

  5. Tuliskan Ringkasan isi Karya
  6. Selanjutnya, tuliskan ringkasan isi dari karya yang Anda review. Jelaskan secara singkat plot cerita, karakter utama, setting, serta pesan yang disampaikan dalam karya tersebut.

  7. Berikan Evaluasi dan Opini Anda
  8. Selanjutnya, berikan evaluasi dan opini Anda terhadap karya yang Anda review. Analisisi secara mendalam tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut serta bagaimana karya tersebut memengaruhi Anda sebagai pembaca/ penonton.

  9. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Menarik
  10. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan menarik dalam menulis resensi. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele dan terlalu formal agar pembaca dapat menikmati resensi dengan baik.

Tips Membuat Resensi yang Baik

  1. Jadi Pembaca/ Penonton yang Aktif
  2. Sebelum menulis resensi, pastikan Anda menjadi pembaca/ penonton yang aktif. Luangkan waktu untuk benar-benar memahami dan meresapi karya yang akan Anda review.

  3. Berikan Analisis Mendalam
  4. Untuk membuat resensi yang berkualitas, berikan analisis mendalam terhadap karya yang Anda review. Cermati setiap detail, tema, dan pesan yang disampaikan dalam karya tersebut.

  5. Gunakan Referensi dan Kutipan
  6. Untuk memperkuat argumen dan analisis Anda, gunakan referensi dari sumber lain serta kutipan yang relevan dalam resensi Anda. Hal ini akan menunjukkan kedalaman pemahaman Anda terhadap karya tersebut.

  7. Jaga Keobjektifan
  8. Sebagai seorang penulis resensi, jagalah keobjektifan dalam memberikan evaluasi terhadap karya yang Anda review. Berikan penilaian yang adil berdasarkan fakta dan analisis yang obyektif.

  9. Perhatikan Tata Bahasa dan Gaya Penulisan
  10. Terakhir, perhatikan tata bahasa dan gaya penulisan Anda. Pastikan resensi yang Anda buat bebas dari kesalahan tata bahasa dan disajikan dalam gaya penulisan yang menarik.

Contoh Resensi Buku

Berikut ini adalah contoh resensi buku yang dapat menjadi referensi dalam pembuatan resensi:

Judul Buku: “Laskar Pelangi”

Penulis: Andrea Hirata

Penerbit: Bentang Pustaka

Ringkasan Isi: “Laskar Pelangi” merupakan sebuah kisah inspiratif tentang perjuangan sekelompok anak muda di Belitong dalam meraih mimpi dan mencapai cita-cita. Cerita ini mengisahkan tentang persahabatan, kebersamaan, serta semangat pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan.

Evaluasi dan Opini: Buku ini berhasil menggambarkan realitas kehidupan masyarakat di daerah pinggiran dengan sangat apik. Cerita yang disajikan begitu mengharukan dan mampu menyentuh hati pembaca. Namun, ada beberapa bagian cerita yang terasa kurang berkembang dan terlalu singkat.

Kesimpulan: Secara keseluruhan, “Laskar Pelangi” adalah sebuah kisah yang patut untuk dibaca untuk menginspirasi dan menguatkan semangat dalam menjalani kehidupan.

Kesimpulan

Membuat resensi bukanlah hal yang mudah, namun dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat resensi yang informatif dan berkualitas. Perlu diingat, resensi adalah pendapat pribadi Anda sehingga cobalah untuk mengungkapkan opinimu dengan jujur dan objektif. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button