Blog

5 Cara Ampuh Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek, Simak Yuk!

Meteran listrik adalah salah satu komponen penting dalam rumah Anda karena berfungsi untuk mengukur penggunaan listrik secara akurat. Namun, seringkali meteran listrik mengalami masalah seperti jeglek yang dapat menyebabkan gangguan pada pasokan listrik di rumah. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Periksa Sumber Masalah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa sumber masalah jeglek pada meteran listrik. Anda bisa memulainya dengan memastikan bahwa semua peralatan listrik di rumah sudah dimatikan. Kemudian, periksa juga apakah terdapat kabel yang kendor atau rusak pada instalasi listrik di rumah.

Jika setelah memeriksa sumber masalah tersebut jeglek masih terjadi, kemungkinan besar masalahnya terletak pada meteran listrik itu sendiri.

2. Hubungi Petugas PLN

Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengatasi masalah meteran listrik, sebaiknya segera hubungi petugas PLN. Mereka akan membantu Anda dalam memeriksa dan mengatasi jeglek pada meteran listrik dengan tepat.

Pastikan juga untuk memberitahukan petugas PLN secara jelas mengenai masalah jeglek yang terjadi agar mereka dapat langsung mengidentifikasi sumber masalahnya.

3. Ganti Meteran Listrik

Salah satu cara untuk mengatasi meteran listrik yang sering jeglek adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Anda bisa membeli meteran listrik baru yang lebih terpercaya dan memiliki kualitas yang baik untuk memastikan bahwa tidak ada lagi masalah jeglek yang terjadi di rumah Anda.

Sebelum mengganti meteran listrik, pastikan untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan petugas PLN agar proses penggantian dapat dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku.

4. Lakukan Pengecekan Rutin

Untuk mencegah terjadinya jeglek pada meteran listrik, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi meteran listrik di rumah. Pastikan tidak ada kabel yang kendor, putus, atau terkelupas pada instalasi listrik di rumah.

Anda juga dapat memasang protektor listrik sebagai langkah preventif untuk melindungi meteran listrik dari terjadinya jeglek.

5. Gunakan Voltage Stabilizer

Salah satu penyebab jeglek pada meteran listrik adalah fluktuasi tegangan listrik yang tidak stabil. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan voltage stabilizer sebagai alat yang dapat menjaga tegangan listrik tetap stabil dan mencegah terjadinya jeglek pada meteran listrik.

Pilihlah voltage stabilizer yang memiliki kualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan listrik di rumah Anda.

6. Hindari Overload Listrik

Penggunaan listrik yang berlebihan atau overload juga dapat menyebabkan meteran listrik sering jeglek. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan penggunaan listrik di rumah agar tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

Gunakan peralatan listrik secara bijak dan pastikan untuk mematikan peralatan yang tidak digunakan agar tidak terjadi overload listrik yang dapat merusak meteran listrik.

7. Pelajari Manual Penggunaan

Sebelum menggunakan meteran listrik, pastikan untuk membaca manual penggunaan yang disediakan oleh produsen. Dalam manual tersebut biasanya terdapat informasi mengenai cara merawat dan menggunakan meteran listrik dengan benar sehingga dapat mencegah terjadinya jeglek.

Apabila Anda menemui masalah saat menggunakan meteran listrik, Anda juga bisa merujuk pada manual penggunaan tersebut untuk mendapatkan solusi yang tepat.

8. Rujuk ke Ahli Listrik

Jika segala upaya yang telah Anda lakukan tidak berhasil mengatasi masalah jeglek pada meteran listrik, segera rujuk ke ahli listrik yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menangani masalah listrik. Mereka akan membantu Anda dalam memperbaiki meteran listrik yang sering jeglek dengan cepat dan tepat.

Pastikan untuk memilih ahli listrik yang terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi agar masalah Anda dapat terselesaikan dengan baik.

9. Jangan Coba-coba Memperbaiki Sendiri

Terakhir, hindari untuk mencoba memperbaiki meteran listrik yang sering jeglek sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam bidang listrik. Hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda dan merusak meteran listrik secara permanen.

Lebih baik serahkan masalah jeglek pada meteran listrik kepada ahli yang berpengalaman agar masalah dapat diatasi dengan cepat dan tanpa risiko yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan dapat mengatasi masalah jeglek pada meteran listrik dengan lebih efektif dan efisien. Selalu perhatikan kondisi meteran listrik di rumah serta lakukan perawatan yang tepat agar dapat memastikan pasokan listrik di rumah tetap lancar dan aman.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button