4 Tahapan Rinci Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan yang Harus Diketahui!

Sholat jenazah merupakan salah satu ibadah penting dalam agama Islam. Saat seseorang meninggal dunia, umat Muslim diwajibkan untuk menyelenggarakan sholat jenazah untuk mendoakan arwah orang yang meninggal. Tata cara sholat jenazah bagi perempuan memiliki sedikit perbedaan dengan tata cara sholat jenazah bagi laki-laki. Berikut adalah panduan tata cara sholat jenazah perempuan yang benar:

1. Mempersiapkan Jenazah dan Tempat Sholat

Persiapkanlah jenazah perempuan yang akan disolatkan dengan cara membersihkan dan mengkafani sesuai dengan tata cara yang benar. Selain itu, siapkanlah tempat shalat yang bersih dan layak untuk melaksanakan shalat jenazah.

2. Niat Sholat Jenazah

Niat merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan sholat jenazah. Dalam hati, niatkan sholat jenazah dengan membaca niat sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

3. Takbir Keberangkatan

Seperti dalam sholat lainnya, mulailah sholat jenazah dengan membaca takbir keberangkatan sebanyak 4 kali. Angkatlah tangan ketika membaca takbir.

4. Surat Al-Fatihah

Selanjutnya, bacalah Surat Al-Fatihah setelah takbir. Surat Al-Fatihah menjadi bagian yang penting dalam sholat jenazah.

5. Doa Untuk Jenazah

Setelah membaca Surat Al-Fatihah, bacalah doa untuk jenazah. Doa ini biasanya berupa permohonan ampunan dan rahmat bagi jenazah yang telah meninggal dunia.

6. Salam

Selesai membaca doa untuk jenazah, berikanlah salam sebanyak dua kali, satu ke kanan dan satu ke kiri.

7. Shalat Jinazah

Kemudian bersalawat dan salam atas Nabi Muhammad SAW seperti dalam sholat biasa. Shalat jenazah perempuan selesai dengan salam.

8. Doa Akhir Sholat

Setelah selesai sholat jenazah, bacalah doa akhir sholat untuk jenazah. Doa ini bertujuan untuk memohon agar Allah SWT menerima amal ibadah yang telah dilakukan.

Perbedaan Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan dan Laki-laki

Ada beberapa perbedaan tata cara sholat jenazah antara perempuan dan laki-laki. Salah satunya adalah dalam posisi tangan saat takbir keberangkatan. Pada sholat jenazah perempuan, tangan disarankan untuk tidak diangkat ketika takbir keberangkatan.

Perbedaan lainnya adalah dalam doa yang dibaca setelah Surat Al-Fatihah. Doa yang dibaca untuk jenazah perempuan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tertentu.

Larangan dalam Sholat Jenazah Perempuan

Seperti dalam ibadah lainnya, terdapat larangan-larangan yang harus diperhatikan dalam sholat jenazah perempuan. Beberapa larangan tersebut antara lain:

  • Melakukan rukuk dan sujud secara berjamaah: Dalam sholat jenazah perempuan, tidak dianjurkan untuk melakukan rukuk dan sujud secara berjamaah. Sebaiknya, rukuk dan sujud dilakukan secara tersendiri.
  • Mengangkat tangan saat takbir keberangkatan: Berbeda dengan sholat jenazah laki-laki, wanita sebaiknya tidak mengangkat tangan saat takbir keberangkatan.
  • Mengucapkan salam secara keras: Ucapan salam dalam sholat jenazah perempuan sebaiknya dilakukan dengan pelan dan tenang.

Kesimpulan

Demikianlah tata cara sholat jenazah perempuan yang seharusnya diikuti. Penting untuk selalu mengingatkan diri sendiri agar selalu melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan tulus. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda dalam menjalankan ibadah sholat jenazah.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button