10 Trik Cara Memakai Dasi Agar Terlihat Stylish dan Lebih Menarik

Memakai dasi merupakan salah satu cara yang dapat membuat penampilan seseorang terlihat lebih rapi dan berkelas. Meskipun terlihat sederhana, memakai dasi sebenarnya memerlukan teknik khusus agar tampilan Anda terlihat sempurna. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara memakai dasi dengan benar.

1. Pilih Dasi yang Sesuai

Dasi awalnya memiliki fungsi untuk menghangatkan leher dalam cuaca dingin, namun seiring perkembangan mode, dasi kini juga menjadi aksesori fashion yang penting bagi pria. Saat memilih dasi, pastikan warna dan motifnya sesuai dengan busana yang Anda kenakan. Selain itu, perhatikan juga bahan dasi dan pastikan Anda nyaman saat mengenakannya.

2. Menyusun Dasi

Langkah pertama dalam memakai dasi adalah menyusun dasi sesuai dengan panjangnya. Cara paling mudah adalah dengan meletakkan dasi di leher dan memastikan ujungnya mencapai bagian tengah ikat pinggang. Kemudian, atur tingkat kesempurnaan dasi agar tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.

3. Ikatan Dasi

Ada beberapa jenis ikatan dasi yang bisa Anda pilih, seperti ikatan dasi biasa, ikatan dasi Pratt, atau ikatan Windsor. Pilihlah ikatan dasi yang sesuai dengan acara atau gaya fashion yang Anda inginkan. Pastikan juga untuk melipat ujung dasi sesuai dengan panjangnya agar tampilan lebih rapi.

4. Penyelesaian Akhir

Setelah Anda mengikat dasi dengan benar, pastikan untuk mengecek kembali apakah dasi sudah tertata dengan rapi. Pastikan panjang ujung dasi seimbang dan tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek. Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan penjepit dasi untuk menjaga agar dasi tetap di tempatnya.

5. Penyesuaian Terakhir

Sebelum Anda benar-benar keluar rumah, lakukan penyesuaian terakhir terhadap tampilan Anda. Pastikan kerah kemeja tertata dengan rapi di atas dasi dan pastikan dasi Anda sudah dikenakan dengan benar. Jika perlu, mintalah pendapat orang lain mengenai penampilan Anda untuk memastikan bahwa semua terlihat sempurna.

6. Tips Tambahan

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda saat memakai dasi:

  • Pilihlah dasi yang sesuai dengan bentuk wajah Anda. Ada beberapa model dasi yang lebih cocok untuk wajah bulat, wajah oval, atau wajah persegi. Pilihlah dasi yang dapat menunjang bentuk wajah Anda.
  • Perhatikan warna dasi dan padu-padankan dengan busana Anda. Kombinasikan warna dasi dengan warna kemeja atau jas yang Anda kenakan agar terlihat serasi.
  • Belajarlah membuat ikatan dasi dengan variasi yang berbeda. Dengan menguasai beberapa jenis ikatan dasi, Anda dapat menyesuaikan tampilan Anda sesuai dengan acara atau suasana yang akan Anda hadiri.
  • Perhatikan perawatan dasi Anda. Sebagai aksesori fashion yang digunakan secara langsung di leher, dasi rentan terkena keringat dan kotoran. Pastikan untuk membersihkan dasi secara teratur agar tetap terlihat baik.

Penutup

Memakai dasi bukanlah hal yang sulit jika Anda tahu cara yang benar. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat memakai dasi dengan rapi dan menambah kesan berkelas pada penampilan Anda. Ingatlah bahwa keyakinan diri adalah kunci utama dalam memakai dasi dengan gaya. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button