Blog

10 Cara Sederhana Mengatasi Layar Laptop Bergaris & Berkedip!

Jika Anda sering mengalami masalah layar laptop yang bergaris dan berkedip, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah dengan hardware atau software pada laptop Anda. Masalah ini tentu sangat mengganggu ketika sedang bekerja atau melakukan aktivitas lainnya di depan laptop. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Periksa Kabel dan Koneksi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kabel dan koneksi pada laptop Anda. Pastikan bahwa kabel daya dan kabel yang menghubungkan laptop dengan monitor eksternal (jika ada) terhubung dengan baik dan tidak ada yang rusak. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencoba mengganti kabel tersebut untuk melihat apakah masalahnya teratasi.

2. Restart Laptop

Jika masalah layar laptop bergaris dan berkedip masih terjadi, cobalah untuk merestart laptop Anda. Kadang-kadang, masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah hanya dengan merestart laptop. Jika setelah direstart masalah masih tetap ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Perbarui Driver Grafis

Salah satu penyebab umum masalah layar laptop bergaris dan berkedip adalah driver grafis yang tidak terupdate. Anda dapat memeriksa apakah driver grafis laptop Anda perlu diperbarui melalui Device Manager di Windows atau Software Update di macOS. Jika diperlukan, perbarui driver tersebut dan restart laptop Anda.

4. Uji Kelayakan Layar

Jika masalah masih terjadi, lanjutkan dengan menguji kelayakan layar laptop Anda. Untuk menguji kelayakan layar, Anda dapat menghubungkan laptop ke monitor eksternal dan melihat apakah masalah bergaris dan berkedip hanya terjadi pada layar laptop atau juga pada monitor eksternal. Jika masalah hanya terjadi pada layar laptop, kemungkinan besar masalahnya ada pada layar laptop itu sendiri.

5. Periksa Pengaturan Resolusi Layar

Jika masalah bergaris dan berkedip terjadi pada layar laptop dan monitor eksternal, coba periksa pengaturan resolusi layar. Pengaturan resolusi layar yang tidak cocok bisa menyebabkan layar laptop bergaris dan berkedip. Sesuaikan pengaturan resolusi layar dengan yang direkomendasikan oleh laptop Anda dan lihat apakah masalahnya teratasi.

6. Saring Masalah Hardware

Jika masalah masih terjadi, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menyaring masalah hardware. Anda bisa membawa laptop Anda ke layanan teknisi untuk diperiksa lebih lanjut. Mereka akan membantu Anda untuk menentukan apakah masalahnya disebabkan oleh hardware laptop seperti masalah pada LCD, motherboard, atau komponen lainnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan bisa mengatasi masalah layar laptop bergaris dan berkedip dengan lebih mudah. Namun, jika setelah melakukan langkah-langkah di atas masalah masih tetap ada, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi komputer atau layanan pelanggan laptop Anda untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Jangan biarkan masalah ini terus berlanjut karena dapat berdampak negatif pada kinerja laptop Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah layar laptop bergaris dan berkedip dengan baik.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button