Blog

10 Cara Melihat History Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android Secara Mudah

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, aplikasi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada kalanya kita menghapus beberapa aplikasi dari smartphone atau tablet Android kita. Apakah Anda pernah berpikir untuk melihat history aplikasi yang sudah pernah dihapus di Android? Mungkin Anda ingin mencari tahu aplikasi apa saja yang pernah dihapus untuk alasan tertentu, atau mungkin ada beberapa data penting yang tersimpan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android.

1. Menggunakan Google Play Store

Google Play Store adalah tempat di mana Anda mengunduh dan mengelola aplikasi di perangkat Android. Meskipun Anda telah menghapus beberapa aplikasi dari perangkat Anda, riwayat unduhan tetap tersimpan di Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih opsi “My apps & games”.
  4. Pindah ke tab “Library”. Di sini Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang pernah Anda unduh, termasuk yang pernah dihapus.

2. Menggunakan Riwayat Google Play

Riwayat Google Play adalah fitur lain yang bisa Anda manfaatkan untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka browser di perangkat Anda dan kunjungi situs web Google Play Store.
  2. Login ke akun Google Anda yang terhubung dengan perangkat Android Anda.
  3. Klik ikon tiga garis di pojok kiri atas dan pilih opsi “My apps & games”.
  4. Pilih tab “Library” untuk melihat daftar semua aplikasi yang pernah Anda unduh, termasuk yang sudah dihapus.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Google Play Store dan Riwayat Google Play, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan:

  1. App History & Manager: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat history aplikasi yang pernah diinstal dan dihapus, serta memberikan informasi detail mengenai penggunaan aplikasi.
  2. Uninstall Manager: Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi mengenai aplikasi yang sudah dihapus, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengelola aplikasi yang masih terpasang di perangkat Anda.
  3. My App History: Aplikasi ini menyediakan riwayat lengkap tentang aplikasi yang pernah diinstal dan dihapus, serta memberikan analisis penggunaan aplikasi secara detail.

4. Menggunakan File Manager

File Manager di perangkat Android juga dapat membantu Anda melihat history aplikasi yang sudah dihapus. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka File Manager di perangkat Android Anda.
  2. Cari folder “Android” dan temukan sub-folder “Data”.
  3. Pintasan dari aplikasi yang sudah dihapus akan tetap ada di folder ini. Cari pintasan aplikasi yang ingin Anda lihat history-nya.

5. Menggunakan Backup dan Restore

Jika Anda telah melakukan backup data perangkat Android Anda, Anda juga dapat melihat history aplikasi yang sudah dihapus melalui file backup tersebut. Beberapa aplikasi backup data populer yang bisa Anda gunakan adalah Google Drive atau OneDrive. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi backup yang Anda gunakan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus.
  3. Cari aplikasi yang ingin Anda lihat history-nya dan dapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Dengan menggunakan salah satu cara di atas, Anda dapat dengan mudah melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Penting untuk diingat bahwa menghapus aplikasi dari perangkat tidak selalu berarti data dari aplikasi tersebut juga terhapus. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk melindungi data pribadi Anda dengan baik.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button