10 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami, No.7 Bikin Terkejut!

Memiliki bau mulut yang tidak sedap dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, baik bagi diri sendiri maupun orang di sekitar kita. Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pola makan yang tidak sehat, kurangnya kebersihan mulut, hingga masalah kesehatan tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa cara mengatasi bau mulut secara alami yang bisa Anda coba.

1. Membersihkan Gigi dan Lidah Secara Rutin

Penyebab utama bau mulut biasanya berasal dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan lidah. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan gigi dan lidah secara rutin setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membersihkan gigi secara menyeluruh.

2. Menggunakan Mouthwash

Mouthwash atau obat kumur juga dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Pilihlah mouthwash yang mengandung antiseptik dan zat pembunuh bakteri untuk hasil yang lebih optimal. Gunakan mouthwash setelah menyikat gigi untuk memberikan kesegaran pada mulut.

3. Memperhatikan Pola Makan

Pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan pedas, berlemak, atau berbau menyengat, dapat menjadi penyebab bau mulut. Batasi konsumsi makanan-makanan tersebut dan tambahkan makanan segar seperti buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu membersihkan mulut secara alami.

4. Minum Banyak Air Putih

Air putih adalah cairan terbaik untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan dan bakteri. Pastikan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kelembaban mulut dan mencegah bau mulut yang tidak sedap.

5. Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula

Mengunyah permen karet tanpa gula dapat membantu merangsang produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan dan bakteri. Permen karet juga dapat memberikan kesegaran pada mulut sehingga bau mulut dapat teratasi.

6. Mengonsumsi Buah Segar

Buah-buahan segar seperti apel, jeruk, dan nanas mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, buah-buahan segar juga dapat memberikan kesegaran alami pada mulut.

7. Banyak Mengonsumsi Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu mengontrol pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut. Konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di dalam mulut dan mencegah bau mulut.

8. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat menjadi penyebab utama bau mulut. Untuk mengatasi masalah bau mulut, hindarilah kebiasaan merokok dan minum alkohol serta hindari juga makanan dan minuman beralkohol yang dapat meningkatkan risiko bau mulut.

9. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Pastikan untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur setidaknya dua kali setahun untuk pemeriksaan dan membersihkan karang gigi yang dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Dokter gigi juga dapat memberikan saran dan tips mengenai cara merawat gigi dan mulut secara tepat.

10. Bersihkan Gigi Menggunakan Air Garam

Air garam merupakan antiseptik alami yang dapat membantu membersihkan gigi dan mulut dari bakteri penyebab bau mulut. Bilas mulut dengan air garam setelah menyikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang menempel.

Dengan mengikuti tips di atas dan menjaga kebersihan mulut secara teratur, Anda dapat mengatasi bau mulut secara alami dan menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button