KPID Jatim Ikut Andil Pengendalian Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris di Jawa Timur

0
40

Koordinator Bidang Penindakan Pelanggaran Isi Siaran, Immanuel Yosua Tjiptosoewarno, S.Th, M.A., M.I.Kom, M.H. menjadi narasumber pada pertemuan yang diselenggarakan secara daring oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Yosua hadir sebagai perwakilan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur dengan menyampaikan materi Kebijakan dalam Pengendalian Iklan dan Publikasi Terkait Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris di Jawa Timur.

Dalam pertemuan tersebut, Yosua menyampaikan bahwa iklan yang disiarkan wajib memenuhi persyaratan KPI. “Sesuai dengan regulasi periklanan yang diterbitkan, lembaga penyiaran berkewajiban mematuhi dan memenuhi persyaratan penayangan P3SPS,” ujarnya.

Menyambung perkataan Yosua, berikut beberapa regulasi yang mengatur iklan kesehatan, yaitu PP Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional, Permenkes Nomor 1787/MENKES/PER/XII/2010 tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan, PP Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional, Permenkes Nomor 1787/MENKES/PER/XII/2010 tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan, dan Permenkes Nomor 61 Tahun 2016 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris.

KPID Jatim bertugas melalukan pengawasan melalui monitoring dan menerima pengaduan dari masyarakat. Selain itu, sosialisasi melalui forum, sebagai penegak aturan, dan berkoordinasi dengan tim Bimwasdal Jatim, Dinas Kesehatan, serta pihak terkait. “Walaupun mengalami penurunan, hingga saat ini masih terdapat tayangan maupun siaran dari iklan atau sosialisasi pengobatan tradisional empirik,” tutur Yosua.

Merujuk pada aturan Kementerian Kesehatan yang melarang iklan, publikasi dan sosialisasi Pelayanan Kesehatan empirik, maka KPID Jatim menegaskan melarang lembaga penyiaran untuk menayangkan/menyiarkan iklan yang dimaksud.  KPID Jatim tidak akan segan untuk memberi sanksi kepada Lembaga penyiaran yang melanggar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here