KPID Jatim Kembali Tegaskan Pentingnya Implementasi P3SPS pada Program Siaran saat EDP Daring

0
57

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur melakukan evaluasi dengar pendapat (EDP) terhadap lembaga penyiaran. EDP yang dilakukan melalui daring pada hari Senin tanggal 5 April 2021 tersebut bagian dari proses yang harus dilalui lembaga penyiaran dalam pengajuan perizinan. 

Lembaga penyiaran yang mengajukan proses perizinan yakni PT. Eka Laras Vicaksana Torya (Radio El Victor)  dan PT. Radio Swara Andika Jaya (Radio Andika).  Ketua KPID Jawa Timur, Afif Amrullah menyatakan bahwa EDP merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui lembaga penyiaran yang mengajukan perizinan atau selaku pemohon.

Selain Ketua, jajaran Komisoner KPID Jatim turut hadir dalam EDP dan memberi masukan saran antara lain, Amalia Rosyadi P., S.Kom.I., M.Med.Kom, Eko Rinda Prasetyadi, S.H., Immanuel Yosua T., M.I.Kom., M.H., dan Malik Setyawan, S.Pd.

Malik Setyawan, selaku Bidang Pengawasan Isi Siaran, mengingatkan Lembaga Penyiaran bahwa penggalangan dana dari kegiatan sosial bukan termasuk bagian CSR (Corporate Social Responsibility) Radio. “Baik on air atau off air banyak kegiatan sosial yang bervariasi adalah kegiatan yang sangat bagus, catatan ketika melakukan penggalangan dana dari masyarakat atau khalayak, maka dalam standar program siaran di Bab 16 terkait Program Penggalangan Dana dan Pembantuan. Sumbangan dana yang dimaksud dalam pasal tersebut tidak dapat digunakan dalam kegiatan yang menjadi tanggungjawab CSR Radio”, pungkasnya. Selain itu, Malik menambahkan agar Lembaga Penyiaran dapat membuat program siaran dengan mengusung tentang budaya lokal, potensi alam, atau wisata yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Menyambung statement dari Malik, Amalia Rosyadi Putri, selaku Koodinator Bidang Pengawasaan Isi Siaran menegaskan jika program isi siaran tetap harus patuh dan sesuai dengan P3SPS. Baik direktur maupun penyiar wajib memahami P3SPS. “Kedepannya, KIPD Jatim akan memberikan pelatihan sertifikasi P3SPS khusus untuk penyiar. Sangat penting bagi penyiar mengetahui dan memahi P3SPS”, tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here