Dalam Proses EDP, KPID Jatim menghimbau Lembaga Penyiaran dalam Mematuhi Ketentuan Siaran Iklan

0
68

Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) merupakan salah satu tahapan yang wajib dilalui oleh para Lembaga Penyiaran (LP) yang habis masa berlaku Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) baik dalam pengurusan izin baru ataupun perpanjangan izin siarannya.

EDP kali ini dilakukan  kedua LP di Jawa Timur  yakni PT. Radio Kharisma Dian Suara dan PT. Radio Bathara Suara Sakti  yang diselenggarkan pada hari Jumat, 15 Januari 2021.  Meski dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19, namun hal itu tidak menyurutkan semangat seluruh pihak untuk dapat menyelenggarakan EDP secara daring, dengan tujuan memberikan masukan sekaligus evaluasi seperti kelengkapan data aspek program siaran, aspek teknis, dan aspek lainnya dari masing-masing LP.

Pelaksanaan EDP secara daring ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yaitu EDP PT. Radio Kharisma Dian Suara, dan sesi kedua bersama dengan PT. Radio Bathara Suara Sakti, diikuti Komisioner KPID Jatim diantaranya Ahmad Afif Amrullah, S.HI., M.EI, Eko Rinda Prasetyadi, S.H., Immanuel Yosua T., M.I.Kom., M.H, Malik Setyawan, S.Pd, Danar Pradipto Direktur PT. Radio Kharisma Dian Suara, dan Lie Tjandra Suryanto direktur PT. Radio Bathara Suara Sakti.

Ketua KPID Jatim, A. Afif Amrullah memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan EDP secara resmi. Apresiasi dan saran masukan pun diberikan guna tercapainya tujuan dan visi misi dari kedua LP tersebut. “Pelaksanaan EDP kali ini berbeda dari biasanya, karena dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom, EDP berjalan dengan lancar dan harapannya untuk LP yang telah mengikuti EDP ini dapat menerima evaluasi dan saran masukan untuk perbaikan kedepannya” ujar Afif.

Selain itu, Malik Setyawan menekankan kepatuhan Lembaga Penyiaran terhadap ketentuan siaran iklan. “Pentingnya komitmen untuk mematuhi ketentuan siaran iklan, termasuk iklan layanan masyarakat yang berkaitan dengan keselamatan umum, Kesehatan masyarakat, dan kesiagaan bencana”, ujar Malik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here