Wujudkan Ketertiban Siaran Pilkada, KPID Jatim lakukan Forum Koordinasi Penyiaran di Kabupaten Pacitan

0
332

KPID Jawa Timur bekerjasama dengan Bawaslu Pacitan dan Bawaslu Jatim menyelenggarakan Sosialisasi dan Koordinasi dengan semua lembaga penyiaran yang ada di kabupaten Pacitan hari Rabu, 11 November 2020. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPID Jatim A. Afif Amrullah, S.HI., M.EI, dan Malik Setyawan Anggota Komisioner KPID Jatim serta didampingi oleh Nur Elya Anggraeni Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

 Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait dengan Pilkada  atau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pacitan. “Ada beberapa aturan yang harus diikuti supaya semua proses penyelenggaraan pemilihan sesuai dengan aturan dan bisa menghasilkan bupati dan wakil bupati yang berkualitas serta bermanfaat untuk masyarakat, beberapa ketentuan terkait dengan iklan kampanye, soal bagaimana menghadirkan pasangan calon sebagai narasumber berita, narasumber dialog dan program acara lain semuanya ada ketentuan yangharus kita perhatikan”, Ujar Afif Amrullah.

Afif Ketua KPID Jatim menekankan  tentang penyesuaian  jadwal siaran dengan jadwal yang telah ditentukan oleh KPU. “Misalnya hari ini sudah masuk kampanye, akan tetapi belum memasuki iklan kampanye berarti belum boleh menyiarkan iklan kampanye, yang boleh hanya dialog, berita, dengan syarat berimbang dan proporsional, ketika sudah masuk masa kampanye di media massa tanggal 22 November sampai 5 desember 2020, lembaga penyiaran diberikan ruang dan kesempatan untuk memasukan iklan kampanye masing-masing paslon tetapi itupun harus mendapat fasilitasi dan jadwal yang ditetapkan KPU, nantinya KPU akan memilih lembaga  penyiaran mana yang akan diajak kerjasama, diluar yang dipilih KPU tidak diperkenankan demi rasa keadilan ataupun rasa keberimbangan dalam proses penyelenggaraan Iklan Kampanye di Media Massa”, Tambah Afif.

Diakhir acara  Nur Elya Anggraeni menyatakan  perlunya bukan hanya lembaga penyiaran, akan tetapi seluruh masyarakat kabupaten Pacitan dapat menaati aturan secara bersama dan komitmen yang kuat untuk menaati aturan yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here