Mahasiswa Magang KPID Kunjungi Balmon Surabaya, Belajar Pengawasan Frekuensi

0
151

Surabaya – Sebanyak 16 mahasiswa magang Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur melakukan kunjungan ke Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kelas 1 Surabaya pada 18 Oktober 2022. Mereka belajar mengenai pengawasan frekuensi penyiaran dari mitra KPID Jatim tersebut.

Peserta yang mengikuti kunjungan terdiri dari sembilan mahasiswa Universitas Brawijaya dan tujuh mahasiswa Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. Mereka didampingi Komisioner KPID Jatim Sundari dan staf pengawasan isi siaran Muhammad Faqih dan mendapat sambutan langsung dari Kepala Balmon SF Kelas 1 Surabaya Supriadi.

“Kunjungan ini tentunya merupakan kesempatan hebat agar mahasiswa dapat mensosialisasikan kepada kerabat terdekat atau masyarakat sekitar terkait balai monitoring,” ujar Supriadi.

Di sana mereka berkesempatan untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh Henry Pribadi selaku Sub Koordinator Sarana dan Pelayanan Balmon Kelas I Surabaya, mengenai Tugas pokok dan fungsi, Jenis layanan, hingga Prosedur pelaksanaan monitoring frekuensi radio. Materi yang disampaikan membuka pengetahuan dan pengalaman yang belum pernah mahasiswa dapatkan.

Disampaikan bahwa KPID dan BALMON bekerja sama dalam bidang penyiaran di seluruh wilayah Jawa Timur. Kedua lembaga bersinergi dalam menciptakan ruang lingkup penyiaran di wilayah Jawa Timur agar sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

“Tentunya Balmon sendiri memiliki tugas dan fungsi yang berbeda dengan KPID. Jika KPID fokus ke pelanggaran dan pengawasan pada isi konten, maka Balmon difokuskan ke pelanggaran spektrum frekuensi radio,” ujar Henry.

Koordinator Bidang Isi Siaran KPID Jatim Sundari mengatakan pertemuan ini juga memperkuat kerja sama antara pihaknya dan Balmon. Kolaborasi dua lembaga ini penting untuk mendukung komunitas penyiaran yang sehat di Jawa Timur.

“Banyak lembaga penyiaran yang ternyata belum mempunyai izin. KPID Jatim tidak mempunyai wewenang untuk mengawasi konten siarannya. Nah, inilah yang menjadi wewenang Balmon untuk menertibkan radio-radio yang tak berizin,” jelas Ndari. (Angel/Tania/Naja/Indira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here