Rumah Aspirasi Dukung KPID Jatim Proaktif dalam Program ASO

0
9

Surabaya– Rumah Aspirasi, lembaga perkumpulan aktivis sosial, berkunjung ke Komisioner Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur pada Kamis, 22 September 2022. Mereka ingin menyampaikan aspirasi masyarakat terkait Analog Switch Off (ASO) alias perpindahan sistem penyiaran televisi analog ke digital.

“Kami mendukung KPID Jatim proaktif mengawal pelaksanaan ASO agar program ini tidak merugikan masyarakat penyiaran,” kata ucap Muhammad Mudabir sekertariat dan LBH Rumah Aspirasi.

Rumah Aspirasi merupakan lembaga swadaya yang telah berdiri sejak dua tahun yang lalu. Lembaga ini bergerak dengan tiga program yaitu lembaga hukum, podcast, dan media. Awal berdiri Rumah Aspirasi bertujuan untuk mewadahi masyarakat yang terkena PHK agar mendapatkan informasi sosial dan mengeluarkan aspirasi.

Rumah Aspirasi berharap ASO bisa terealisasi dan memberikan keadilan yang merata bagi lembaga penyiaran televisi lokal. Mudabir mengatakan pihaknya juga membantu masyarakat dapat menikmati siaran digital secara jernih dan sehat.

“KPID berwenang dalam pengawasan penyiaran sendiri termasuk saat diberlakukannya siaran digital. Karena itu kami mendukung KPID Jatim terlibat dalam program ASO,” kata Mudabir.

Menyambut dukungan ini, Ketua KPID Jatim Immanuel Yosua Tjiptosoewarno mengapresiasi kepedulian Rumah Aspirasi terhadap hak masyarakat. Ia mengatakan aktif mensosialisasikan ASO kepada masyarakat sebagai bentuk literasi media digital.

“Tugas kami adalah mengawasi siaran lokal dan mendukung ekosistem penyiaran yang sehat di Jawa Timur,” kata Yosua. (Azzen/Khafi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here