Kompas TV Berbagi Wawasan Produksi Siaran ke Mahasiswa Magang MBKM KPID Jatim

0
8

Surabaya-Memberi pengetahuan tentang dunia penyiaran, Kompas TV Jawa Timur berbagi wawasan ke mahasiswa magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur (KPID Jatim). Para mahasiswa ini berkunjung dan menyaksikan secara langsung proses produksi “Live Streaming Kompas Jatim” pada hari Senin, 19 September 2022.

Didampingi oleh salah satu komisioner KPID Jatim, Ahmad Afif Amrullah, para mahasiswa dari FISIP UB diajak berkeliling studio dan ruangan yang ada di kantor serta mendapat pengarahan langsung mengenai mekanisme produksi.

“Para mahasiswa diperkenalkan ruangan pusat server dalam proses produksi siaran yang terdapat berbagai peralatan penting didalamnya” ujar Ahda Sabila, salah satu mahasiwa magang MBKM.

Selain itu, mahasiswa juga dijelaskan bagaimana fungsi dari berbagai komponen yang ada didalam ruang produksi dan ruang server tersebut. Tak hanya itu, mereka juga diberi kesempatan untuk bertukar pikiran dengan presenter wanita, Virgianty Kusumah mengenai suka duka berkarier di bidang kepenyiaran.

“Menjadi presenter di studio dan juga lapangan memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Saat menjadi presenter lapangan, kita harus siap dengan berbagai situasi serta pengalaman baru yg dijumpai. Begitupun pada saat di studio, kita harus siap karena terkadang ada breaking news yang harus segera disiarkan” ungkap presenter Kompas TV Virgianty.

Virgianty menceritakan berbagai pengalaman selama berkerja kurang lebih 18 tahun. Hal-hal baru yang dijumpai para mahasiswa magang ini menjadi pengalaman baru dan pembelajaran menarik terkait peran serta mekanisme produksi media penyiaran.

Sebagai informasi tambahan, FISIP Universitas Brawijaya bekerjasama dengan KPID Jatim melaksanakan Program Magang MBKM dari bulan Juli sampai Desember 2022. Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen KPID Jatim dalam mendorong peningkatan kualitas siaran dan ekosistem penyiaran di Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here