Awasi Siaran Lokal, KPID Jatim Kunjungi JTV Surabaya dan Jawapos TV

0
10

Surabaya-Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur melakukan kunjungan ke JTV Surabaya pada Senin, 12 September 2022. Komisioner KPID Jatim, Royin Fauziana menyatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk monitoring isi siaran dan pendampingan pada lembaga penyiaran yang ada di Jawa Timur.

“Bersama dengan JTV, kami juga melakukan koordinasi terkait pelaksanaan ASO di wilayah Jatim,” kata Royin.

KPID Jatim disambut oleh Direksi JTV, Erman Siswianto dan dan Abdur Rokim. Pihak JTV berharap pelaksanaan ASO berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Dalam kunjungannya, Royin ditemani oleh beberapa mahasiswa magang di KPID Jatim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi. Dengan demikian, tujuan lain dari kunjungan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa magang terkait profil dan kelembagaan lembaga penyiaran.

Selain itu, mahasiswa magang juga berkesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana proses produksi program acara tv secara langsung, mulai dari pra produksi, pasca produksi hingga proses produksi.

“Selain untuk melakukan monitoring dan pendampingan, kami juga berupaya untuk memberi pengetahuan secara langsung kepada mahasiswa yang sedang magang di KPID Jatim terkait bagaimana konten atau program siaran yang biasa kita awasi itu di produksi di stasiun Televisi,” ujar Royin.

Selanjutnya, Royin juga melakukan kunjungan ke Jawa Pos TV. Pada saat berkunjung, mahasiswa magang diperlihatkan bagaimana proses siaran secara langsung, proses editing program acara.

Mahasiswa juga berkesempatan berbincang secara langsung dengan salah satu presenter terbaik di Jawa Pos TV. Ia menjelaskan bagaimana menjadi presenter yang baik, dan memberikan tips bagaimana cara mengatur pernafasan dalam voice over.

“semua orang bisa bernafas tapi tidak semua orang bisa bernafas dengan baik” kata Dista selaku Presenter Jawa Pos TV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here