Mahasiswa Magang KPID JATIM Kunjungi METRO TV Dan MERCURY FM

0
12

Surabaya – Enam mahasiswa magang dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur (KPID Jatim) berkunjung ke Metro TV, Mercury FM, dan Kota FM pada Kamis, 8 September 2022. Mereka melihat langsung proses pengolahan berita dari bahan mentah hingga ditayangkan dan disiarkan.

“Selain berlajar regulasi, mahasiswa magang di KPID Jatim juga belajar proses produksi siaran televisi dan radio,” kata Immanuel Yosua Tjiptosoewarno ketika mendampingi mahasiswa magang dalam kunjungan tersebut.

Enam mahasiswa magang KPID Jatim berasal dari pelbagai perguruan tinggi. Mereka adalah Azzen dan Jefri dari UINKHAS Jember, Khafi dari UIN Tulungagung, Rizqi dan Arvin dari IAI Tribakti Lirboyo Kediri, Bunga dari UINSA.

Dalam kunjungannya, para mahasiswa magang ini mendapat materi dari Kepala Produksi Metro TV Jawa Timur, Wuriyanto. Beberapa materi yang disampaikan yakni tahapan untuk mendapat berita, proses pengolahan, hingga proses penayangan di televisi.

Selain itu, Wuriyanto juga mengatakan persaingan antara media konvensional dan sosial media sangat ketat sehingga memaksa pekerja untuk memutar otak. Kedua media konvensional ini memiliki strategi tersendiri untuk mengimbangi sosial media yakni dengan memanfaatkan platform digital seperti Youtube, Instagram, dan Twitter sebagai sarana penyebaran terhadap publik.

Beralih ke Lembaga Penyiaran lain, mahasiswa magang berkunjung ke Radio Kota FM dan Radio Mercury FM. Penyiar Kota FM Rani Larasaty mengatakan pihaknya terus berusaha menjaga kedekatan dengan pendengar agar mereka tetap loyal.

“Bahkan, kami punya fanbase dan komunitas pendengar yang dibuat oleh pecinta Radio Kota FM. Mereka sampai membuat merchandise sendiri seperti masker, mug, hingga kaos berlogo Kota FM,” kata Rani kepada mahasiswa magang KPID Jatim.

Sementera itu, Radio Mercury FM memperbolehkan mahasiswa datang kapanpun untuk berkunjung. Mereka boleh ikut melakukan siaran sebagai mahasiswa magang yang nantinya akan terjun ke dunia kerja apabila ingin berkunjung atau bekerja di Metro Tv sangat diperbolehkan untuk datang kapanpun, pihak Mercury juga memberikan akses untuk mahasiswa magang di KPID jika ingin melakukan siaran asal menghubungi pihak Mercury FM terlebih dahulu.

Magang kerja ini merupakan kerja sama antara KPID Jatim dan perguruan tinggi di Jawa Timur untuk menghasilkan insan penyiaran yang berkualitas. KPID Jatim mendorong peningkatan mutu program siaran di Lembaga Penyiaran lokal Jawa Timur. (Ndr/Zen/Kdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here