Berkunjung ke KPID Jatim, Komisioner KPI Pusat Dorong Inovasi Pengawasan Siaran

0
30

Surabaya– Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Pusat, Nuning Rodiah mengimbau kepada KPID Jatim mampu melahirkan inovasi baru. Inovasi tersebut bisa dikembangkan baik dari yang sudah ada, maupun inovasi yang belum pernah dimiliki KPID Jatim sebelumnya.

“Kita masih punya banyak pekerjaan rumah untuk membangun kelembagaan KPI ke depan, baik yang berhubungan dengan regulasi ataupun anggaran KPID. Maka dibutuhkan inovasi baru agar tetap bisa menjalankan tugas-tugas KPID,” ujarnya pada saat makukan kunjungan

Dalam kesempatan ini, Penulis buku yang berjudul “Pilkada, Media dan Demokrasi” ini juga meninjau langsung ruang monitoring isi siaran. Pada kunjungan tersebut turut hadir Komisioner KPID Jatim Immanuel Yosua, Dian Ika Riani, Sundari dan Royin Fauziana.

Nuning mengatakan KPID Jatim tidak bisa sendirian melakukan peningkatakan kualitas konten siaran. Ia menyarankan agar lembaga pengawas isi siaran ini berkolaborasi dengan lembaga strategis lainnya.

“Misalnya kolaborasi membuat sistem pengawasan otomatis yang bisa mendeteksi pelanggaran pengawasan,” kata perempuan asal Ponorogo ini.

Menyambut positif imbauan komisioner KPI Pusat, Ketua KPID Jatim Immanuel Yosua Tjiptosuwarno mengatakan pihaknya memang membuka peluang kerja sama dengan siapapun. Tujuannya untuk menghasilkan kebijakan pengawasan siaran yang sesuai dengan kepentingan publik.

“Kami membuka ruang dengan akademisi kampus dan lembaga pemerintah lain terkait siaran Jatim,” kata Yosua. di Kantor KPID Jatim, Selasa (12/7/2022).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here