Komisioner KPID Jatim Sosialisasikan Pelaksanaan dan Pengawasan Isi Siaran selama Bulan Ramadan di Acara Talkshow Sahur Bareng TV9

0
31

Surabaya – Dua komisioner KPID Jatim bidang isi siaran Sundari dan Romel Masykuri menghadiri undangan gelar wicara (talkshow) Sahur Bareng yang diadakan oleh TV9, pada tanggal 4 April 2021 bertempat di studio TV9.  Kehadiran mereka sekaligus untuk mensosialisasikan Surat Edaran KPI tentang Pelaksanaan dan Pengawasan Siaran bagi Lembaga Penyiaran di Bulan Ramadan.

“Kami senang mengahadiri undangan ini, karena sekaligus bisa mensosialisasikan Surat Edaran KPI Pusat tantang pelaksanaan dan pengawasan isi siaran selama Bulan Ramadan. Mudah-mudahan semua insan lembaga penyiaran dapat memperhatikan edaran ini,” kata Komisioner KPID Jatim Bidang Isi Siaran Romel Masykuri saat mengisi talkshow.

Romel mengatakan ada beberapa poin yang disampaikan pada acara talkshow tersebut. Di antaranya seperti Lembaga Penyiaran wajib memperhatikan peraturan-peraturan terkait penghormatan nilai-nilai agama, kesopanan, kesusilaan, penambahan durasi dan frekuensi program bermuatan dakwah, hingga mengutamakan penggunaan dai/pendakwah yang kompeten.

“Pendakwah yang kredibel, tidak terkait organisasi terlarang sebagaimana telah dinyatakan hukum di Indonesia, dan sesuai dengan standar MUI, serta dalam penyampaian materinya senantiasa menjunjung nilai-nilai Pancasila dan ke-Indonesiaan,” ucap Romel.

Senada dengan itu, Komisioner KPID Koordinator Bidang Isi Siaran Sundari menyampaikan agar lembaga penyiaran memperhatikan konten siaran selama sahur. Penyebabnya karena banyak anak dan remaja yang telah bangun sahur meskipun pukul 22.00-03.00 diperbolehkan untuk konten dewasa.

“Selama Ramadan, jam sahurpun harus berisikan konten yang aman ditonton anak dan remaja,” ujar Ndari.

Ndari juga mengimbau pengisi acara selama Ramadan menggunakan busana dan mengeluarkan ucapan yang sopan. Gerakan erotis dan umpatan wajib dihindari dalam rangka menjaga kesucian selama menjalankan ibadah puasa.  Sosialisasi KPID Jatim ke lembaga penyiaran ini dalam rangka mendorong sumber daya insan penyiaran yang profesional dan bertanggungjawab. Kemitraan KPID Jatim dengan lembaga penyiaran seperti TV9 merupakan upaya meningkatkan isi siaran yang inovatif dan inklusif. Lembaga independen ini terus berkomitmen mewujudkan Jawa Timur yang humanis, bermartabat, mendidik, nasionalis, dan inspiratif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here