KPID Miliki Peran Sosialisasikan TV Digital ke Masyarakat

0
29

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan kerja dari Komisioner KPI Pusat bidang Kelembagaan, Irsal Ambia pada Sabtu, 20 November 2021 di Kantor KPID Jatim. Kunjungan diterima langsung oleh Afif Amrullah Ketua KPID Jatim beserta jajaran Komisioner, yakni Eko Rinda Prasetyadi bidang Kelembagaan & SDM, Amalia Rosyadi Putri bidang Sosialisasi & Literasi, dan Immanuel Yosua bidang Penindakan Pelanggaran Isi Siaran.

Irsal melakukan kunjungan ke KPID Jatim dalam rangka koordinasi terkait beberapa isu, salah satunya tentang penyelenggaraan penyiaran digital di Indonesia. Proses migrasi siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) sudah tinggal beberapa bulan lagi.
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah memiliki peran dalam membantu mensosialisasikannya kepada masyarakat dan publik. Sosialisasi ini dapat dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk melalui Lembaga Penyiaran yang ada di Jawa Timur serta stakeholder lainnya.

“Sosialisasi ini sangat penting karena masih ada masyarakat yang belum paham tentang ASO. KPID dapat mengambil bagian dalam membantu proses perpindahan ini dengan menyampaikan secara jelas kepada masyarakat,” ujar Irsal.

Diketahui beberapa wilayah siar Jatim akan masuk ke tahap 1 ASO. Afif menyampaikan jika perisapan digitalisasi penyiaran di wilayah Jatim sudah berjalan cukup baik. “Beberapa stasiun TV sudah beralih ke TV digital. Sosialisai dilakukan melalui talkshow, dialog interaktif, kuliah tamu bahkan kami (KPID Jatim) melakukan sosialisasi door-to-door ke berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur melalui tim survei,” kata Afif.

Hasil survei menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum tahu dan paham tentang ASO, terutama di wilayah pelosok. Ini yang masih menjadi tugas bagi KPID Jatim untuk terus mensosialisasikan ke masyarakat.

Irsal memberikan motivasi dan semangat kepada tim KPID Jatim dalam membantu menyukseskan program pemerintah ini.

Kunjungan dilanjutkan dengan berkeliling ke ruang kerja monitoring KPID Jatim yang saat ini terdapat mahasiswa magang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here