KPID JATIM Gandeng Mahasiswa Magang Jadi Relawan Pemantau Siaran Daerah

0
29

Peningkatan penggunaan teknologi saat ini, menjadikan masyarakat harus bisa lebih bijak dalam pemanfaatannya. Rupanya, kecanggihan teknologi tak hanya berdampak positif, tetapi juga memiliki dampak negatif. Edukasi mengenai program siaran dan kebijakan ini disampaikan langsung oleh Komisioner KPID Jawa Timur dalam kegiatan pembekalan mahasiswa magang (05/11/2021).

Kegiatan yang berlangsung di lantai 2, kantor KPID Jawa Timur itu diikuti oleh mahasiswa magang dari 3 perguruan tinggi, yakni Universitas Islam Negeri Surabaya (UINSA), Universitas Islam KH.Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS) dan Institut Agama Islam Tribakti (IAIT).

Para Komisioner yang terdiri dari, A.Afif Amrullah, M.EI selaku ketua KPID Jawa Timur, Amalia Rosyadi P, S.Kom.I, M.Med.Kom selaku Komisioner Sosialisasi dan Literasi serta Malik Setyawan, S.Pd selaku Komisioner Pengawasan Isi Siaran ini, memberikan pembinaan serta edukasi terkait kepenyiaran secara langsung di hadapan mahasiswa.

Sosialiasi kelembagaan, langsung disampaikan oleh Ketua KPID Jawa Timur berikut dengan tugas-tugas baru KPID. “Tugas KPID bukan menyensor, tetapi mengawasi program siaran” ucapnya mengingatkan.

Setelah materi pengenalan lembaga, mahasiswa diberi materi tentang standar program siaran yang disampaikan oleh Malik Setyawan, S.Pd. Ia menyebut bahwa menjadi tim monitoring di KPID dituntut untuk jeli dalam mengawasi isi siaran. “Pemahaman konteks serta regulasi yang sudah tertuang dalam P3SPS sangat dibutuhkan dalam melakukan monitoring” tegasnya di hadapan mahasiswa.

Komisioner berharap, mahasiswa magang mampu menyerap ilmu yang didapat di KPID Jawa Timur dan bisa menjadi informan bagi masyarakat tentang lembaga ini. Bagi mereka, mahasiswa menjadi tumpuan harapan untuk generasi masa depan yang lebih cemerlang.

Sebagai penutup pembekalan, Amalia Rosyadi atau akrab disapa Ibu Amel sang Komisioner KPID Jawa Timur wanita satu-satunya memberikan suntikan semangat dan dukungan kepada para mahasiswa agar terus mau belajar dan menemukan banyak hal baru di lapangan. “Nanti saya usahakan teman-teman mahasiswa ini agar bisa melakukan kunjungan lapang” ucapnya sembari memberikan senyum khasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here