Antusiasme Mahasiswa Baru Fakultas Dakwah Komunikasi Islam IAI Darussalam Blokagung pada Kuliah Tamu

0
19

Perkuliahan awal di semester ganjil, Kampus Pesantren IAI Darussalam Blokagung, Banyuwangi membuka kegiatan dengan menyelenggarakan acara kuliah tamu. Acara tersebut digelar oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam demi menyambut mahasiswa baru yang turut dihadiri para dosen hingga Rektor IAI Darussalam Blokagung. Bertemakan ‘Peningkatan Kualitas SDM Penyiaran’, kuliah tamu ini mendatangkan narasumber, yakni Ketua KPID Provinsi Jawa Timur, Ahmad Afif Amrullah.

Dalam kesempatan itu, Afif menyampaikan materi tentang kelembagaan dan persiapan migrasi dari TV analog menjadi TV digital atau Analog Switch Off (ASO). Tidak hanya itu, Afif mengajak para mahasiswa untuk berdiskusi melalui sesi tanya jawab. Di sesi ini terlihat antusiasme mahasiswa dengan berbagai pertanyaan yang diajukan.

“Di negara kita terdapat wilayah pelosok, bagaimana cara mengedukasi para penonton TV analog mengenai migrasi TV digital ini?”, tanya Sandy, Rabu (15/09/2021).

Foto: Ahmad Afif Amrullah

Menanggapi pertanyaan Sandy, Afif menjelaskan jika memang dibutuhkan proses sosialisasi yang meluas. Kemenkominfo merupakan leading sector program ASO, sedangkan KPID Jatim sebagai supporting system. Edukasi migrasi TV digital mulai dilakukan melalui sosialisasi, seperti pada kuliah tamu, roadshow offiline atau online, dan disiarkan oleh lembaga penyiaran.

Afif menceritakan, jika ia sempat mengusulkan ke Kemenkominfo untuk melakukan percobaan satu hari semua TV atau pemancar mati dalam waktu 10-15 menit di waktu prime time. Setelah melihat respon masyarakat nantinya, informasi mengenai TV digital serta Set Top Box (STB) dapat disiarkan di semua stasiun TV saat itu juga.

“Pemerintah sudah mempunyai komitmen membagikan Set Top Box (STB) gratis ke masyarakat kurang mampu. Hanya memang jumlahnya terbatas,” jelas Afif menjawab pertanyaan lain dari Zamzam.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Agus Baihaqi menyampaikan, kuliah umum ini memiliki peran penting sebagai multiplayer efek untuk mahasiswa kedepannya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here