Workshop Riset Indeks Kualitas Program Siaran TV 2021 di Kota Batu

0
44

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat merilis hasil riset indeks kualitas program siaran televisi periode 1 tahun 2021 yang menunjukkan nilai indeks program hiburan masih di bawah nilai standar kualitas yang ditentukan KPI. Hardly Stefano, Komisoner KPI Pusat Bidang Kelembagaan mengatakan bahwa stagnasi nilai indeks program hiburan tersebut akan ditindaklanjuti secara khusus oleh KPI yang disampaikan dalam acara ‘Ekspos Hasil Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi tahun 2021’, yang digelar di Kota Batu, Jawa Timur pada hari Kamis (09/09/2021).

Dari delapan kategori program siaran, masih terdapat tiga kategori yang belum mampu mencapai indeks berkualitas, yakni sinetron, variety show dan infotainment.

Lebih lanjut, Hardly menyampaikan angka indeks dalam riset ini adalah indikator pergerakan pembenahan yang dilakukan oleh program siaran dan lembaga penyiaran. Selain itu riset ini juga memberikan catatan kualitatif pada setiap masing-masing kategori program. Untuk itu, KPI meminta kepada seluruh lembaga penyiaran menjadikan hasil riset ini sebagai “insight” dalam proses produksi siaran. 

“Kita harap program-program berkualitas dipertahankan dan yang belum (berkualitas) jadi perbaikan memasuki siaran digital di 2022,” kata Koordinator Penelitian dan Pengembangan (Litbang) KPI Andi Andrianto dalam telekonferensi ekspose hasil riset.

Andi menambahkan turut berharap agar riset indeks penyiaran ini bisa menjadi pijakan prioritas serta bisa memberi warna perjalanan penyiaran di Indonesia.

Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo turut hadir dalam Ekspos tesebut. Ia mengingatkan bahwa pada tahun 2022 mendatang ada tantangan besar yang harus dihadapi seluruh lembaga penyiaran dengan pembelakuan Analog Switch Off (ASO) yang mana akan terjadi lonjakan jumlah pelaku di industri penyiaran. Sehingga persaingan semakin ketat dan memaksa pelaku penyiaran menghadirkan konten-konten berkualitas.

Selain itu, turut hadir juga Afif Amrullah Ketua KPID Jatim bersama Immanuel Yosua Komisioner bidang Penindakan Pelanggaran Isi Siaran dalam acara tersebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here