Dukung Kegiatan Parlemen Remaja 2021, KPID Jatim Terima Kunjungan SMAN 9 Surabaya

0
52

Jum’at (10/09/2021) siang, Komisi Penyiaran Daerah Indonesia (KPID) Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan dari SMAN 9 surabaya. Selain bersilaturahmi ke KPID Jatim, Zaky Raihansyah siswa dari SMAN 9 itu didampingi ayah beserta tiga gurunya, yakni Ndaru Kurniawan, S.Pd, Fofi Fana, S.Pd, dan Muhammad Fikri, .Pd melakukan audiensi bersama Afif Amrullah Ketua KPID Jatim tentang ‘Bagaimana Menciptakan Siaran yang Berkualitas untuk Masyarakat’.

Zaky terpilih sebagai perwakilan Dapil I (Surabaya – Sidoarjo) dalam kegiatan Parlemen Remaja tahun 2021 yang diselenggarakan oleh DPR Republik Indonesia setelah mengalahkan ribuan siswa lainnya.

Kesempatan itu tidak dilewatkan Zaky untuk berdiskusi singkat sekaligus menyampaikan pandangannya terkait isu – isu penyiaran di Indonesia. Mengingat di era digitalisasi saat ini, yang mana beragam konten siaran bermunculan serta dapat diakses dengan mudah. Oleh sebab itu, topik yang dibahas diantaranya adalah rencana perluasan pengawasan kerja KPI terhadap platform-platform media sosial, rencana KPI melakukan pengawasan pra-tayang siaran, serta pembatasan atau penghapusan tayangan film horor/mistik.

Afif menjelaskan bahwa di P3SPS sudah diatur dalam Bab XVI dan pasal di dalamnya terkait tayangan horor/mistik. “Tayangan itu boleh disiarkan. Namun ada pembatasan adegan atau pun pemilihan diksi serta perangkat pendukung lainnya,” ungkap Afif.

Nantinya hasil diskusi ini akan disampaikan Zaky pada puncak acara di tanggal 13 – 17 September mendatang. Turut hadir dalam diskusi Amalia Rosyadi Komisioner bidang Sosialisasi dan Literasi Media.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here