Pemerintah Jatim Dukung Migrasi Analog ke Siaran TV Digital

0
43

Pemerintah provinsi Jawa Timur mendukung program pusat untuk migrasi televisi terestrial analog ke siaran televisi digital. Perkembangan migrasi teknologi broadcasting tersebut dinilai memiliki dampak dan membawa potensi yang luar biasa.

“Kami meyakini bahwa migrasi siaran digital akan meningkatkan kualitas layanan sektor pertelevisian kepada semua masyarakat dengan mengoptimalkan dari penggunaan frekuensi. Maka, diharapkan bukan saja lebih banyak yang diinisiasi dalam hal pelayanan masyarakat, tetapi juga kualitas dari broadcasting bisa meningkat. Oleh sebab itu, kami di Jawa Timur sangat antusias melihat teknologi ini bisa diterapkan kedepannya,” kata Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Tmur, melalui webinar “Jawa Timur Siap Analog Switch Off (ASO)” yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo bersama Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, dan Ketua KPID Jatim serta narasumber lainnya via zoom meeting, Kamis (02/09/2021).

Proses migrasi ini perlu adanya dukungan dan peran dari berbagai stakeholder, tidak hanya pemerintah, lembaga penyiaran, tetapi masyarakat diharapkan ikut andil dalam menyukseskan program Analog Switch Off (ASO).

Kemajuan teknologi siaran televisi digital diharapkan mampu menjangkau segenap masyarakat di Jawa Timur. Bukan saja di daerah perkotaan, tetapi di daerah pedesaan dengan wilayah dataran maupun pegunungan bahkan di kepulauan. Selain itu, keuntungan penghematan frekuensi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan cakupan akses ICT (Information and Communication Technology).

“Kondisi pandemi Covid-19 menyadarkan pentingnya media teknologi digital untuk mengakses layanan pemerintahan, pendidikan, dan kesehatan yang kini tidak hanya menjadi kebutuhan sekunder atau tersier tetapi menjadi kebutuhan primer,” ujar Emil.

Dengan adanya kebijakan ASO, lanjut Emil, bisa menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mencerdaskan bangsa dan menghasilkan siaran yang berkuaitas. Sehingga semakin edukatif dan informatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here