KPID Jatim Lakukan EDP PT. Kaber Azeze Mediatel

0
137

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim melakukan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) terhadap rencana perpanjangan izin sebuah lembaga penyiaran swasta yang berada di Ujung Pulau Madura yakni PT. Kaber Azeze Mediatel Kabupaten Sumenep pada Kamis, 04 Februari 2021.

Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) radio tersebut memang baru akan berakhir namun sesuai ketentuan permohonan perpanjangan izin disampaikan setahun sebelum ijin habis. EDP ini dilaksanakan secara online (daring) dengan menggunakan aplikasi zoom sebagai implementasi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali.

EDP merupakan salah satu syarat bagi lembaga penyiaran dalam proses perijinan untuk mengetahui sejauhmana urgensi lembaga penyiaran memperoleh ijin penyelenggaraan penyiaran (IPP). Namun status PT.Kaber Azeze Mediatel atau bisa disebut sebagai Madura Chanel sebagai Lembaga penyiaran televisi yang akan memperpanjang ijin, maka televisi tersebut juga berkewajiban menyampaikan apa saja program siaran yang selama ini disampaikan ke para pendengar di wilayah layanannya.

Ketua KPID Jawa Timur, A. Afif Amrullah mengatakan, EDP merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui lembaga penyiaran yang mengajukan perizinan. Selain itu, Komisioner lainnya juga meminta agar lembaga penyiaran terlibat aktif dalam upaya-upaya mendukung  program pemerintah khususnya dalam rangka mewujudkan keselamatan umum, kewaspadaan bencana alam dan Kesehatan masyarakat, serta menjelaskan rencana kerja untuk migrasi ke TV Digital.

Pada kesempatan itu, hadir seluruh komisioner KPID Jatim, yaitu  A.Afif Amrullah, S.HI., M.EI., Eko Rinda Prasetyadi, S.H., Immanuel Yosua T., M.I.Kom., M.H., Amalia Rosyadi P., S.Kom.I., M.Med.Kom., dan Malik Setyawan, S.Pd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here