KPID JATIM SELENGGARAKAN SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS BERSAMA BAWASLU SUMENEP

0
73

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID)  Provinsi Jawa Timur  menyelenggarakan Sosialisasi dan BImbingan Teknis Relawan Pemantau Siaran PIlkada Sumenep pada Senin, 26 Oktober 2020.  Dalam acara ini Turut hadir narasumber dari KPID Jatim yakni Amalia Rosyadi P, Afif Amrullah, dan Hosnan Hermawan anggota Bawaslu Sumenep.

Kegiatan ini digelar di Kampus STAI Miftahul Ulum Tarate Jl. Pesantren Nomor 11 Tarate, Pandian, Kota Sumenep. Peserta acara ini, terdiri dari Mahasiswa STAI Miftahul Ulum, PMII, IPNU, IPPNU, dan HMI.

Hosnan Herwan Koordiv OSDM Bawaslu Sumenep hadir sebagai narasumber  dalam kegiatan dengan mengambil tema “Meningkatkan Pengawasan Partisipatif dalam menyukseskan pemilihan Bupati/wakil Bupati Sumenep tahun 2020.

Dalam penyampaian materi, Hosnan menuturkan pengawasan partisipatif sebuah aktifitas  memastikan proses tahapan Pemilu dengan cara mengumpulkan data informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan Pemilu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat atau organisasi yang independen dan nonpartisan.

“Tujuannya  adalah terselenggaranya proses pemilihan yang jujur, adil bersih, dan transparan serta hasilnya bisa diterima oleh semua pihak baik peserta pemilu maupun masyarakat secara luas” ujar Hosnan.

Adapun  Amalia  Rosyadi Komisioner KPID Jatim menjelaskan tentang alur pengawasan siaran Pilkada dalam lembaga penyiaran,  sumber informasi pelanggaran ketentuan siaran pilkada dan sanksi administratif terhadap pelanggaran isi siaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here