KPID Jatim Ajak TV dan Radio Sukseskan Pilkada 2020

0
39

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur meminta televisi dan radio di Surabaya berperan dalam menyukseskan Pemilihan Serentak tanggal 9 Desember kelak.

Ketua KPID Jatim Ahmad Afif Amrullah mengatakan, peran tersebut sesungguhnya merupakan kewajiban bagi setiap lembaga penyiaran sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

“Di dalamnya diatur bahwa lembaga penyiaran wajib menyediakan waktu yang cukup untuk peliputan Pilkada. Dan ini merupakan bagian dari pelaksanaan amanah Undang-Undang Penyiaran bahwa lembaga penyiaran harus punya fungsi edukasi dan informasi,” katanya saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Pimpinan Media Pada Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020, yang diselenggarakan KPI Surabaya, Rabu (26/8) di Hotel Wyndham Surabaya.

Lebih lanjut Afif menyatakan, pelaksanaan Pilkada di masa pandemi tentu memiliki banyak keterbatasan. Jika semua elemen masyarakat, termasuk media, tidak saling mendukung dalam proses Pilkada, pihaknya khawatir partisipasi masyarakat menjadi rendah dan bisa berakibat pada menurunnya kualitas hasil Pilkada.

“Kita tahu bahwa Pilkada pasti membutuhkan dana yang besar. Jadi kita punya kepentingan yang sama agar jangan sampai proses dan hasilnya tidak berkualitas,” tambah Afif.

Kepada puluhan pimpinan media yang hadir, Afif juga menjelaskan beberapa ketentuan umum berkaitan dengan siaran Pilkada 2020. Di antaranya mengenai peran media TV dan radio di masa kampanye, pengaturan iklan kampanye yang harus selaras dengan aturan KPU serta pentingnya sosialisasi protokol kesehatan dalam proses pemilihan.

“Agar semuanya berjalan lancar dan adil, maka dibutuhkan aturan yang jelas tentang segala hal berkaitan siaran Pilkada di TV dan radio. Kalau tidak ada aturan, bisa dibayangkan bagaimana kacaunya proses siaran Pilkada di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Anggota KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi dan Anggota KPU Surabaya Muhammad Subairi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here