Peringati HUT Provinsi, KPID Jatim Gelar Anugerah Penyiaran

0
377

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur turut memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Provinsi Jawa Timur dengan menggelar “Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur 2019”. Rencananya, kegiatan dengan konsep pemberian penghargaan kepada insan penyiaran televisi dan radio lokal di Jawa Timur ini akan diadakan pada tanggal 30 Oktober 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Ketua KPID Jawa Timur A. Afif Amrullah, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Gubernur dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bersama-sama menyukseskan peringatan HUT ke-74 Provinsi Jawa Timur. Di sisi lain, jelas Afif, inilah salah satu program KPID Jawa Timur untuk mendorong insan penyiaran di Jawa Timur agar terus menyajikan program-program siaran yang berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Sesuai amanat Undang-Undang Penyiaran dan pedoman penyiaran, ada mekanisme punishment and reward dalam proses pengawasan isi siaran. Sanksi diberikan kepada lembaga penyiaran yang melanggar pedoman penyiaran, sedangkan penghargaan atau apresiasi diberikan kepada lembaga penyiaran yang berkualitas,” katanya, Sabtu (28/9) pagi di Surabaya.

Ketua Panitia, Malik Setyawan, menambahkan, KPID Jawa Timur memulai tahapan pelaksanaan pada akhir September ini. Dimulai dengan sosialisasi kepada seluruh televisi dan radio di Jawa Timur yang berjumlah 392 lembaga per Agustus 2019, kemudian nantinya dilanjutkan dengan pengumpulan materi atau karya, penjurian, hingga puncaknya penyerahan piala penghargaan pada tanggal 30 Oktober 2019.

“Ini adalah penghargaan tertinggi bagi insan penyiaran di Jawa timur, makanya kami mengimbau dan mengajak kepada seluruh pengelola radio dan televisi di Jawa Timur untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang sudah kami tetapkan. Di antaranya, lembaga penyiaran yang mengikuti ajang ini harus memiliki izin penyelenggaraan (IPP) tetap,” kata Komisioner KPID Jawa Timur bidang Pengawasan Isi Siaran ini.

Malik melanjutkan, total ada empat belas kategori yang akan dikompetisikan. Tujuh kategori untuk televisi dan tujuh kategori untuk radio. Untuk televisi, ketujuh kategori tersebut adalah program wisata-budaya Jawa Timur terbaik, program religi terbaik, program inspirasi muda terbaik, program talkshow terbaik, program berita terbaik, presenter talkshow terbaik, dan program lokal televisi jaringan nasional terbaik. Sedangkan untuk radio, ketujuh kategori tersebut adalah program wisata-budaya Jawa Timur terbaik, program religi terbaik, program inspirasi muda terbaik, program talkshow terbaik, presenter talkshow terbaik, program unggulan radio komuntas terbaik dan program unggulan radio publik lokal terbaik.
Selanjutnya, Malik menjelaskan bahwa tahapan kegiatan ini dilakukan selama satu bulan penuh. Pendaftaran dan penerimaan karya dilakukan pada tanggal 1-20 Oktober, pemilahan dan seleksi administrasi pada 21-23 Oktober, penjurian pada 24-28 Oktober, pengumuman nominasi pada 29 Oktober, dan puncaknya pengumuman pememang dan penyerahan piala penghargaan pada tanggal 30 Oktober.

“Penilaian masing-masing kategori akan dilakukan para juri yang kompeten dan independen yang sudah kami tunjuk. Untuk mengetahui informasi lengkapnya mengenai teknis pelaksanaan, penjelasan masing-masing kategori dan formulir peserta dapat diunduh di website resmi kami www.kpidjatim.id,” pungkas Malik.


Cp. Malik Setyawan
Ketua Panitia
0815-5326-0131

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here